Kasus Covid-19 Menurun, RSUD dr. Sayidiman Magetan Terus Tingkatkan Pelayanan

 

SeputarKita, Magetan – Perkembangan pandemi Covid-19 di Kabupaten Magetan terus menunjukkan perbaikan. Kombinasi antara vaksinasi yang agresif serta penerapan PPKM yang dibagi berdasarkan level tertentu mulai menunjukkan hasil. Tren kasus infeksi harian sudah turun drastis.

Seiring menurunnya Pandemi Covid-19 ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Sayidiman Magetan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan RS secara bertahap kembali seperti sebelum terjadinya Pandemi Covid-19, namun tetap menerapkan protokol kesehatan, karena secara nasional maupun daerah belum ada kebijakan untuk mencabut aturan status pandemi Covid-19 ini.

Ketika ditemui di kantornya, dr. Rochmat Santoso selaku Direktur RSUD dr. Sayidiman (RSDS) Magetan menuturkan bahwa dengan seiring menurunnya Pandemi Covid-19 ini, pihaknya berupaya mengembalikan pelayanan seperti sebelum adanya pandemi, meskipun belum bisa 100%. Kamis, (23/06/2022).

“Seperti ruang isolasi Covid-19, saat ini kita akan kembalikan ke fungsi semula sebagai ruang rawat inap dengan menerapkan standart BPJS. Ruang isolasi yang semula 117 tempat tidur, saat ini hanya disisakan 62 tempat tidur sebagai antisipasi, karena Covid-19 ini belum berakhir.” Terang dr. Rochmat.

Selain itu, RSUD dr. Sayidiman juga sudah mulai menata ulang ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Sebelumnya, jumlah tempat tidur terbanyak diperuntukkan pasien Covid, namun saat ini berlaku sebaliknya.

“Sebelumnya tempat tidur di IGD terbanyak untuk pasien Covid-19, sekarang kita desain ulang, kita kembalikan seperti sebelum Covid-19.” Tuturnya.

“Kita juga mempunyai kewajiban dari BPJS, mulai tanggal 01 Januari 2023 kita harus mengikuti peraturan dari BPJS, yaitu 60% kamar rawat inap harus memenuhi standart dan kreteria yang ditentukan BPJS. Kita akan berubah sesuai standar BPJS secara bertahap.” Lanjutnya.

Direktur RSUD dr.Sayidiman Magetan juga berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan serta terus menerapkan protokol kesehatan walau saat ini kondisi mulai menurun, dianjurkan untuk mengikuti vaksin booster karena saat ini kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi booster masih rendah.

“Karena saat ini masih masa pandemi, sebaiknya masyarakat untuk melakukan vaksin booster, Insya Allah akan lebih baik. Dihimbau masyarakat untuk lebih sering mengontrol kesehatannya, periksa ketempat kesehatan, klinik atau puskesmas walau hanya sekedar melakukan tes kolesterol, gula darah, maupun tensi.” Sarannya.

“Saya berharap pada masyarakat untuk tidak lagi takut datang ke rumah sakit, datanglah seperti biasa sebelum Covid. Kita tidak akan melakukan swap kepada pasien yang rawat jalan, uji swap hanya dilakukan kepada pasien rawat inap yang di indikasikan terkena Covid-19. ” Pungkasnya. (Tris).

Check Also

PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Resmikan Klinik Utama Mata Baturaja Sriwijaya Eye Centre (BSEC)

  SeputarKita,OKU ( SUMSEL) – Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah meresmikan Klinik Utama Mata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *