SMK Nagara Dongkrak Kualitas, Terpilih Jadi SMK Pusat Keunggulan


SeputarKita, Ngawi – SMK Nagara semakin berkembang pesat menunjukkan kualitasnya, hal itu dibuktikan dengan masuknya lembaga pendidikan ini dalam seleksi SMK Pusat Keunggulan (PK) tahun 2022. Secara khusus, SMK Nagara telah mendapat kepercayaan dari industri berskala internasional.

Secara umum, SMK Nagara atas program Pusat Keunggulan tersebut, digadang mampu menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi seorang wirausaha.

Lebih jelasnya, SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Tentang kemitraan, SMK PK adalah hasil dari upaya pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek bekerja sama dengan pemerintah Prancis melalui PT. Scnheider Indonesia (Schneider Elektrik), guna membangun Sumber Daya Manusia (SDM) bidang vokasi yang berkualitas. Nantinya, anak didik SMK Nagara yang telah lulus dan lolos seleksi akan bekerja di perusahaan ini.

Sementara, Kepala Tata Usaha SMK Nagara, Joko, menjelaskan, atas kepercayaan SMK PK oleh direktorat Vokasi Kemendikbudristek, menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan semangat baru bagi Nagara. Selama kurun waktu 12 tahun sejak berdiri, menurutnya, SMK Nagara memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari waktu ke waktu.

Selain itu, program Bursa Kerja Khusus (BKK), kata Joko, menjadi salah satu andalan Nagara, secara persuasif program ini memantapkan siswa maupun calon siswa bahwa SMK Nagara memang mencetak anak didik yang siap kerja. Beberapa perusahaan besar telah menjalin kerja sama dengan Nagara, tentunya berujung dengan perekrutan siswa yang memenuhi kriteria.

Beberapa perusahaan besar yang bekerja sama dengan SMK Nagara, imbuh Joko, antara lain PT. Bambang Jaya, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang alat kelistrikan, lalu PT. Chemco, perusahaan suku cadang kendaraan terkemuka di kawasan industri Jawa Barat, serta PT Advantage, adalah perusahaan jasa ATM maintenance.

Kemudian, Daihatsu Motors melalui Program Pintar Bersama Daihatsu dengan memberikan pembelajaran berstandart Daihatsu yang dilanjutkan rekruitmen siswa kompeten oleh perusahaan. PT. COI (Cipta Otomasi Indonesia), merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemrograman dan robotik serta perusahaan besar lainnya yang bertaraf nasional maupun internasional.

“Terseleksinya SMK Nagara menjadi Pusat Keunggulan sudah pasti memberikan semangat baru bagi kami. Semua berkat kerja keras kami selama ini” kata Joko, Kamis (23/06/22).

Joko menambahkan, selain dari sisi prestasi akademik, rupanya lembaga pendidikan swasta yang memiliki empat jurusan unggulan diantaranya, TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif), TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor), TITL (Teknik Instalasi Tenaga Listrik) dan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) yang bertempat di kecamatan Kedunggalar, Ngawi, ini, juga menyematkan sisi kerohanian.

Terdapat nuansa religius di sekolah ini dengan disediakannya pondok Diniyah bagi peserta didik. Apabila ada murid yang bersedia mondok di Nagara, kata Joko, pihak lembaga akan memberikan fasilitas bebas biaya sekolah selama satu tahun penuh.

Lebih mulia lagi, ungkap Joko, bagi siswa yatim piatu, tak perlu ragu, ada program bantuan dukungan pendidikan untuk mereka dan sudah pasti digratiskan. Lalu bagi siswa hafids atau hafal Qur’an, juga diberikan kesempatan gratis mengenyam pendidikan di SMK Nagara.

“SMK Nagara menyajikan paket komplit, Kami ingin anak didik di Nagara tidak hanya cakap di akademik saja, melainkan kami juga menyematkan sisi religius supaya berimbang, karena misi kami adalah mencetak generasi penerus bangsa yang cakap dan tawadhu (rendah hati)” pungkas Joko. (Gus).

Check Also

Police Goes to School di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, Tanamkan Kesadaran Tertib Lalu Lintas Sejak Dini

  SeputarKita, Gresik – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik kembali menyelenggarakan kegiatan Police Go …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *