Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri Gandeng Awak Media dan Influencers Madiun Raya Untuk Ikut Serta Mensosialisasikan CBP Rupiah


SeputarKita, Madiun – Kantor perwakilan Bank Sentral Republik Indonesia (BI) Kediri terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bisa terus cinta, bangga, dan paham kepada Rupiah.

Seperti yang digelar Kamis (16/06/2022) bertempat di Sun Hotel, Bank BI Cabang Kediri menggandeng awak media dan Influencers Madiun Raya untuk bisa ikut serta mensosialisasikan serta mengedukasi kepada seluruh lapisan masyarakat tentang program Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah.

Di tengah kegiatan tersebut perwakilan dari banK BI Cabang kediri menjelaskan, Tugas utama dari Bank BI adalah untuk, mencapai serta menstabilkan nilai rupiah. yang di antaranya berwenang menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia, termasuk juga uang Rupiah (uang kertas dan uang Logam) serta pembayaran non tunai ataupun digital, di antaranya Quick Respons Code Indonesia Standartd (Qris)

Berdasarkan Undang-Undang (UU) tentang mata uang (no 7 tahun 2011) mata uang rupiah adalah alat pembayaran yang sah di Indonesia. lebih dari itu, di dalam uang rupiah juga terdapat gambar Pahlawan, Pemandangan alam dan budaya Indonesia apalagi, dalam melakukan pencetakan uang biayanya pun tidak murah maka dari itu di harapkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu cinta, paham, dan bangga terhadap Rupiah (CPB) Rupiah.

Dalam kehidupan sehari-hari, sederhananya cinta Rupiah dapat di lakukan oleh masyarakat dengan 5 hal diantaranya, uang Rupiah harus selalu kita rawat dengan cara menjaga dan tidak di lipat, Jangan di remas, jangan di coret-coret, jangan di basahi, dan jangan di steples. Karena dalam uang Rupiah tersebut terdapat gambar Pahlawan, pemandangan, kebudayaan Indonesia yang harus kita jaga dan kita hormati.

Karena Bangsa yang besar adalah bangsa yang masyarakatnya menghargai perjuangan pahlawannya. Selain itu kita juga harus mengetahui ciri-ciri keaslian uang rupiah agar kita bisa terhindar dari kejahatan uang palsu, seperti melihat, meraba dan menerawang.

Kita sebagai warga Indonesia harus bangga terhadap Rupiah karena Rupiah adalah simbul kedaulatan, dan simbul pemersatu bangsa, ini semua bisa kita tunjukkan dengan tidak bertransaksi dengan menggunakan mata uang asing.

Lebih lanjut, paham rupiah yaitu, dengan Rupiah kita dapat bertransaksi, ataupun berbelanja dengan bijak, dan berhemat. Termasuk bertransaksi menggunakan alat pembayaran non tunai, atau dengan digital QRIS yang Cemumuah (Cepat Mudah Murah Aman dan Handal) Rupiah juga dapat kita jadikan sebagai sarana untuk mengelola kekayaan atau investasi.

Selain itu, perwakilan dari bank Indonesia cabang Kediri juga menyampaikan jika pada Sabtu-Minggu, 18-19 Juni 2022, perwakilan Bank BI Kediri juga akan menyelenggarakan “Madiun coolinary festival” di lapangan pelti dan di depan kantor Bakorwil Kota Madiun, acara tersebut di gelar dengan bekerja sama dengan Pemerintah kota Madiun dengan tujuan ikut serta memeriahkan hari jadi kota Madiun yang ke-104, serta mempromosikan UMKM kuliner khususnya Pecel khas Madiun dan olahan Porang.

Dengan mengelar stand-stand kuliner dan nerbagai lomba seperti lomba memasak, lomba band, lomba barista, lomba foto dan reels Instagram, serta senam bersama. Acara yang di gelar tersebut sekaligus terangkai sebagai pre-event Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) yang akan digelar di bulan Juli secara hibrid. (Den)


Check Also

Polres Jombang Kunjungi Gereja di Ngoro Ajak Jaga Kamtibmas

SeputarKita, Jombang – Polres Jombang pada minggu kasih kali ini melakukan sambang Gereja Kristen Jawi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *