BUMDesma Rukun Makmur Sumbang PADes 18 Desa di Kecamatan Ulujami

Direktur Bumdesma Rukun Makmur Sardiyan saat ditemui dikantornya


SeputarKita, Pemalang – Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Rukun Makmur Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang perlahan – lahan mulai mengalami kemajuan yang cukup pesat. Sejak berdiri Tanggal 03 Mei 2018 dan mulai dilaunching pada 06 Agustus 2018 silam Bumdesma Rukun Makmur ini mampu mencetuskan beberapa unit usaha yang dikelolanya secara mandiri.

Direktur Bumdesma Rukun Makmur, Sardiyan mengatakan unit – unit usaha yang dicetus oleh Bumdesma tersebut diantaranya unit perdagangan umum, unit percetakan dan unit produksi olahan ikan bandeng.

“Unit perdagangan umum, diantaranya toko matrial bangunan. Lalu toko roti ‘RM Bakery’ di Desa Padek. Ada pula unit usaha percetakan paving, gorong – gorong, dan udif. Selain itu percetakan map A13, baik itu map untuk rapot maupun map untuk serifikat,” terang Sardiyan di kantor Bumdesma Rukun Makmur, Senin (01/03/2021).

Susunan pengurus BUMDesma Rukun Makmur

Sardiyan menjelaskan, pembudidayaan ikan bandeng sekaligus penyediaan untuk pakannya yang bekerjasama dengan para petani ikan bandeng. Ini mengingat potensi daerah Kecamatan Ulujami yang terletak di pesisir Pantai Utara Jawa. Dimana mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani bandeng.

Tak hanya budidaya ikan bandeng saja, Bumdesma Rukun Makmur yang berkantor di Desa Blendung ini juga memiliki rumah produksi olahan bandeng. Olahan yang dihasilkan di rumah produksi ini yakni sale bandeng dan bandeng presto.

Beberapa pruduk BUMDesma Rukun Makmur

“Dari sekian Bumdes yang ada di Kabupaten Pemalang, Bumdesma Rukun Makmur alhamdulillah pemberdayaan masyarakatnya sangat luar biasa. Potensi – potensi disini kita gerakan semua untuk memperdayakan masyarakat setempat,” tuturnya.

Pihaknya bersyukur sejauh ini BUMDesa Rukun Makmur mencapai omzet Rp. 44.000,000,- per bulan dan keuntungan Rp. 109.000.000,- per tahun yang dibagi untuk PADes 18 Desa di Kecamatan Ulujami. (Nur/Fahmi)

Check Also

Polres Jombang Kunjungi Gereja di Ngoro Ajak Jaga Kamtibmas

SeputarKita, Jombang – Polres Jombang pada minggu kasih kali ini melakukan sambang Gereja Kristen Jawi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *