Warga Truneng Gagalkan Aksi Pencurian Kotak Amal Masjid

 

SeputarKita, Magetan – Aksi pencurian kotak amal di Masjid Jami’ Daarul Arqom, Desa Truneng, Kecamatan Sukomoro, Magetan, Jawa Timur, digagalkan oleh warga. Pelaku, berhasil diamankan setelah sempat berusaha kabur melalui jendela masjid.,

Kasi Humas Polres Magetan Kompol Budi Kuncahyo, S.Pd., mengungkapkan, Peristiwa terjadi pada hari Minggu, 14 April 2024, sekitar pukul 16.45 WIB.

Pelaku, BN (32), yang sebelumnya meminta izin untuk salat Ashar di masjid, terlihat duduk bersandar di tiang serambi masjid dengan gelagat mencurigakan. Saat saksi, Sunarti, tidak sedang memperhatikan, ia mendengar suara seperti barang yang ditarik/diseret.

Saksi, kemudian menoleh dan melihat kotak amal masjid sudah tidak ada di tempatnya. Beni pun sudah kabur. Saksi kemudian berteriak “SOPO KUWI” (Siapa Itu) beberapa kali, dan kemudian saksi memanggil warga sekisekita.

Warga bersama-sama, mengejar pelaku yang berusaha kabur melalui jendela masjid di bagian belakang.

Dengan teriakan “maling-maling” mereka memancing perhatian warga sekitar lainnya, yang kemudian membantu mengamankan pelaku.

Petugas Polsek datang setelah menerima laporan, selanjutnya pelaku juga barang buktinya terdiri dari, 1 kotak amal kaca warna gelap dengan rangka alumunium warna silver, Uang tunai sejumlah Rp. 738.200,- dan 1 unit motor Honda Supra warna hitam Nopo. AE. 3288 NA diamankan untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap aksi pencurian, terutama di tempat-tempat ibadah.

“Kami menghimbau kepada pengurus masjid untuk meningkatkan keamanan dengan memasang CCTV dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat,” ujar Kompol Budi Kuncahyo., (Ndri).

Check Also

Pupuk Jiwa Enterpreneur, SDN Pangongsean 1 Gelar Bazar Produk Makanan Khas Daerah 

  SeputarKita, Sampang – UPTD SDN Pengongsean 1, Kecamatan Torjun, Sampang mengadakan Bazar dan Gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *