INOVASI BISNIS APLIKASI SHARESPHERE SEBAGAI USAHA MEREALISASIKAN SDGS 10 OLEH MAHASISWA UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

 

SeputarKita – Indonesia merupakan negara yang memiliki tantangan besar dalam mengatasi kesenjangan ekonomi di tengah masyarakatnya. Masih banyak penduduk Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan dan perlu mencari penghasilan tambahan dari berbagai bidang untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Salah satu cara yang sudah umum dilakukan adalah dengan menjual barang dan jasa, bahkan dari rumah.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat, ada peluang baru yang muncul untuk memanfaatkan sumber daya secara lebih efektif. Perangkat lunak bernama ShareSphere ini menjadi sebuah wadah bagi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Tidak hanya itu, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur tukar menukar barang antara pengguna.

Ide bisnis ini memiliki peluang besar untuk diminati karena saat ini jual beli online telah menjadi tren besar di pasar. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menghemat modal bagi penjual, serta memudahkan pengguna untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang lebih mudah. Lebih dari itu, ShareSphere juga dapat dijadikan sebagai langkah nyata dalam merealisasikan Sustainable Development Goals (SDGS) ke-10 dengan membantu masyarakat ekonomi bawah melalui fitur tukar menukar barang.

Inovasi perangkat lunak ShareSphere ini bermula dari mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Program Studi Sistem Informasi, yaitu Rika Nurul Ain, Camelia Salsabilla Putri Wijaya, dan Melisya Sesy Amelia. Ide inovasi ini muncul ketika mereka mengikuti mata kuliah Pengetahuan Bisnis yang diajarkan oleh Bapak Abdul Rezha Efrat Najaf, S.Kom., M.Kom.

Aplikasi ShareSphere memiliki beberapa tujuan dan manfaat bagi pengguna. Bagi pelanggan, mereka dapat mencari barang atau jasa yang tersedia, mencari barang atau jasa yang berada di wilayah domisili mereka, melakukan transaksi jual beli dan pertukaran barang, serta memenuhi kebutuhan mereka. Bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), aplikasi ini memberikan kesempatan untuk menjual barang dan jasa, melakukan pertukaran dengan pelanggan, menambah penghasilan, dan mengurangi kesenjangan perekonomian.

Untuk memastikan kelancaran bisnis dan kesuksesan aplikasi ini, dilakukan beberapa analisis seperti SWOT dan Business Model Canvas. Selain itu, juga dilakukan pembuatan survey atau analisis kebutuhan untuk memahami keinginan dan harapan dari pengguna potensial.

Aplikasi ShareSphere akan memiliki dua jenis pengguna, yaitu pelanggan dan pelaku UMKM. Pelanggan dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari dan membeli barang, menjalankan proses pertukaran barang dengan pengguna lain, dan melakukan berbagai fungsi lainnya seperti melihat riwayat transaksi dan mengirim pesan dengan pengguna lain. Sedangkan pelaku UMKM dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjual barang dan jasa, mengelola data barang dan pelanggan, serta melihat data penjualan dan grafik penjualan.

Untuk merealisasikan ide bisnis ini, dilakukan perencanaan tahapan yang meliputi penyusunan jadwal kerja, pembuatan desain UI/UX, implementasi desain, dokumentasi, dan pengujian. Dalam tahap pengujian, dilakukan uji coba terhadap berbagai fitur dan kinerja aplikasi untuk memastikan segala hal berjalan dengan baik.

Aplikasi ShareSphere memiliki berbagai fitur yang berguna bagi pengguna, antara lain fitur jual beli barang bekas, galeri foto/video dan deskripsi barang, fitur tukar menukar barang, pencarian dan penyaringan, chat untuk berkomunikasi dengan penjual atau pembeli, fitur ulasan dan peringkat untuk memberikan feedback, fitur jasa service, metode pembayaran COD-Cek Dulu dan pembayaran online, serta fitur lacak pengiriman.

Visi dari aplikasi ShareSphere adalah mencapai berbagai tujuan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Tujuannya adalah meningkatkan pertukaran barang dan jasa, mendukung usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kesejahteraan, mencapai pertumbuhan pengguna yang berkelanjutan, serta mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat.

Rencana tahapan selanjutnya adalah melakukan peluncuran aplikasi, mengenalkan aplikasi kepada target pasar melalui berbagai metode promosi, fokus pada pengembangan fitur baru, serta melakukan ekspansi ke wilayah baru dengan fokus pada peningkatan pertukaran sumber daya.

Aplikasi ShareSphere diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengatasi kesenjangan ekonomi dan pemborosan sumber daya. Dengan adanya fitur tukar menukar barang, aplikasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam kalangan ekonomi kalangan bawah.

Check Also

Hardiknas, Satlantas Polres Gresik Go to SMKN 1 Duduksampeyan

  SeputarKita, Gresik – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gresik melaksanakan kegiatan “Police Go to …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *