“BABBLE” Inovasi Belajar Bahasa Inggris Hasil Karya Tiga Mahasiswa Sistem Informasi di UPN “Veteran” Jatim

 

SeputarKita – BABBLE merupakan sebuah inovasi dalam belajar Bahasa Inggris yang berasal dari tim yang berisi tiga mahasiswa Sistem Informasi di UPN “Veteran” JAWA TIMUR yaitu Eggy Fawas Ihsan, Natasya Hayudyo Murthiningtyas, dan Nurhaliza Meilinda Iswanto. Aplikasi ini dibuat guna memudahkan akses para siswa sekolah dasar dalam mempelajari bahasa Inggris, dengan beragam fitur yang asik dan menghibur serta dapat mendidik anak siswa sekolah dasar dalam memperdalam kemampuan berbahasa inggris. Tujuan utamanya adalah menungkatkan kemampuan berbahasa inggris mulai sejak dini yaitu sejak sekolah dasar.

Inspirasi cemerlang ini muncul selama mereka menempuh mata kuliah Pengetahuan Bisnis yang diampuh oleh Dosen Bapak Abdul Rezha Efrat Najaf S.Kom M.Kom .

Aplikasi Babble adalah aplikasi yang menawarkan berbagai fitur pembelajaran bahasa inggris seperti latihan tata bahasa, kosakata, mendengarkan, dan berbicara. Siswa dapat mengunduh aplikasi ini di ponsel cerdas atau tablet mereka dan belajar Bahasa Inggris kapan saja dan di mana saja. Ini memberi mereka fleksibilitas untuk berlatih Bahasa Inggris sesuai dengan jadwal mereka sendiri, tanpa terbatas oleh batasan fisik atau waktu. Aplikasi ini disebut Babble atau Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar. Babble merupakan aplikasi bimbingan online yang dapat diakses secara offline dan juga online.

Keunggulan dari aplikasi ini yaitu dengan fitur materi mingguan yang bisa di akses kawan media seputar kita setiap saat namun lebih difokuskan penggunaannya pada hari senin sampai jumat. Setelah mempelajari materi yang tersedia pengguna akan di berikan latihan-latihan soal yang telah yang tersedia untuk mengasah kemampuan dan pengetahuan yang sudah di pelajari.

Keunggulan lainnya yaitu adanya fitur point yang diberikan kepada pengguna setelah mengerjakan soal-soal latihan yang tersedia. Point tersebut akan diakumulasikan selama satu minggu penggunaan aplikasi dan pengguna dengna point terbanyak akan mendapatkan hadiah/reward dari kami. Selain itu, dalam penggunaan aplikasi juga terdapat pembelajaran secara tatap muka.

Pembelajaran secara tatap muka (Offline) ini akan diadakan setiap seminggu sekali antara hari sabtu atau minggu. Kegiatan ini akan di adakan di balai desa setempat atau ditempat umum lainnya yang sudah mendapatkan perizinan dari pemerintah setempat. Pembelajaran Offline akan membahas materi yang sebelumnya dipelajari diaplikasi secara mendalam dengan melibatkan para relawan sebagai tenaga pengajar. dalam pembelajaran tatap muka ini juga terdapat fitur point yang akan diakumulasikan ketika kawan media seputar kita aktif dalam menjawab ataupun bertanya saat pembelajaran berlangsung. pastinya kami juga telah menyiapkan hadiah/reward kepada kawan yang paling aktif saat pembelajaran offline berlangsung.

Pada awal peluncuran semua fitur yang telah disediakan dalam aplikasi BABBLE akan diberikan secara gratis dan juga tanpa biaya tembahan saat mengikuti pembelajaran offline. Kawan media seputar kita bisa belajar bahasa inggris lebih mendalam dan gratis yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun karena tersedia dan dapat diunduh di gadget masing masing. Namun perlu ditekankan lagi, bahwa aplikasi ini ditunjukan dan dikhususkan untuk para kawan media seputar kita yang masih sekolah dasar karena materi yang diajarkan masih bersifat materi dasar bahasa inggris.

Untuk kedepannya apabila aplikasi dan program dari kami ini sukses, kami berencana untuk memperluas area jangkauan. Tidak hanya di daerah daerah desa saja, namun bisa diakses di seluruh indondesia. Kami juga akan menambah beberapa fitur tertentu yang bisa diakses dengan berlangganan (berbayar) dan tersedia iklan dalam aplikasi tersebut.

Dengan adanya aplikasi BABBLE diharapkan perkembangan pendidikan terutama yang ada di desa lebih merata dan semua siswa sekolah dasar bisa merasakan dan mendalami pendidikan terutama pada bahasa inggris yang berada di lingkungan desa.

Check Also

Pembinaan Karakter dan Edukasi Anti-Bullying untuk Pelajar Digencarkan Polres Magetan

  SeputarKita, Magetan – Bullying atau perundungan bagian dari kenakalan remaja, masih menjadi isu yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *