Tingkatkan Kekompakan Untuk Perbaikan Mutu Pelayanan, ASN Kecamatan Sine Gelar Outbound

 

SeputarKita, Ngawi – Sebagai upaya menjaga kesehatan jasmani dan rohani Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kecamatan Sine, diadakan acara olah raga bersama di Embung yang berada di Desa Sumbersari, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Jumat, (09/12/2022).

Dalam kegiatan yang bertujuan mengenalkan potensi wisata lokal tersebut, digelar berbagai acara. Antara lain; Senam, Outbound / permainan untuk meningkatkan keakraban dan kekompakan tim dan Sarapan bersama di warung lokal.

Acara yang digagas oleh Camat Sine, Fuad Misbahuddin Fahmi ini diharapkan juga dapat menjadi sarana refreshing juga dapat mengurai simpul-simpul kebuntuan komunikasi antar struktur yang ada.

Peserta outbound dipandu untuk dapat menikmati permainan dengan menghilangkan sekat-sekat senioritas, kepangkatan, dan jabatan untuk sementara.

 

Camat Sine, Fuad Misbahuddin Fahmi berharap semua personel di Kecamatan Sine dapat berkomunikasi dengan cair dalam pelaksanaan tugasnya.

“Meski terikat dalam aturan birokrasi, tetapi sebagai abdi masyarakat dan abdi negara ASN kecamatan Sine dapat melayani masyarakat secara cepat dan responsif. Sehingga kesan khas amtenar yang melekat di memori masyarakat dapat dikurangi.” Ujar Camat.

“Selama ini kesan yang melekat di memori masyarakat tentang ASN sebagai amtenar antara lain; bekerja lambat, kurang senyum, kurang ramah, agak kasar kepada masyarakat yang dilayani dan lain sebagainya.” Lanjutnya.

Camat Sine mencontohkan, meski pegawai mempunyai masalah didalam keluarga atau dirumah jangan, sampai hal itu terbawa sampai di kantor yang akibatnya akan memberikan efek yang buruk bagi pelayanan.

Setelah Outbound, Camat Fuad menyampaikan pentingnya semua jajaran meningkatkan kualitas pelayanan. Dan pelayanan akan dinyatakan berhasil dan sukses apabila yang dilayani merasa puas dengan apa yang kita layani.

“Level kepuasan satker dimana dibagi menjadi empat, yaitu level bawah adalah Dasar, Harapan, Hasrat, lalu yang tertinggi adalah level Kejutan.” Terangnya.

“Jika pada level Dasar dan Harapan adalah pelaksanaan pelayanan yang hanya sesuai standar baku, maka diharapkan setiap pegawai mampu mencapai level Kepuasan di tingkat Hasrat maupun Kejutan. Atau dengan kata lain di luar ekspetasi dan memberikan efek “Wow”.”Papar Camat.

Sebagaimana contoh, jika ruang pelayanan yang nyaman dan sejuk sudah cukup memenuhi level “Hasrat” dari petugas, maka dengan adanya tambahan fasilitas wifi, tersedianya minum dan permen bahkan kopi secara gratis, televisi dan disempurnakan dengan petugas-petugas pelayanan tersenyum manis dan menyapa ramah akan membuat level kepuasan satker mencapai “Kejutan”.

Pada kesempatan ini dijelaskan juga tentang sikap peduli. Dengan mengembangkan sikap peduli atau “care”, maka setiap pegawai akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik. Dimulai dari sikap positif misalnya berupa sikap ramah, sopan ketika menghadapi tamu sampai dengan akhir pelayanan yaitu dengan ucapan terima kasih.

Diakhir acara semua personel kecamatan ditarik komitmen secara bersama-sama bertekat untuk meningkatkan kualitas pelayanan. (Pri/Pathok).

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *