Polres Madiun Gandeng Komunitas Penyelamat Ular Adakan Pelatihan Snake Rescue

SeputarKita, Madiun – Kapolres Madiun Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anton Prasetyo melalui Kasat Pembinaan Masyarakat (Binmas) Ajun Komisaris Polisi (AKP) Miftakhudin, mengadakan Pelatihan Pembekalan terkait Snake Rescue kepada Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Madiun Kamis (1/12/2022) bertempat di Tribun Lantas.
Pelatihan pembekalan Snake Rescue diadakan sebagai bentuk Latihan Peningkatan Kemampuan Bhabinkamtibmas dalam mengantisipasi apabila mendapatkan pengaduan masyarakat terkait ancaman ular di desa binaannya.
Dalam pelaksanaan pelatihan Snake Rescue tersebut, Polres Madiun menggandeng tim relawan penyelamat ular Exalos Madiun untuk memberikan pemahaman terkait tata cara penanganan apabila sewaktu-waktu ada pengaduan masyarakat akan adanya ancaman ular yang masuk ke pemukiman.
“Penanganan reptil sangat penting karena Bhabinkamtibmas merupakan anggota dari Kepolisian Republik Indonesia yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, melekat dengan masyarakat,” jelas Miftakhudin.
Lebih lanjut, mereka diberikan materi tentang jenis- jenis ular beserta ciri-cirinya. Selain itu, oleh tim Exalos Madiun juga diberikan pemahaman bagaimana cara membedakan antara ular berbisa dengan yang tidak berbisa.
“ Tim Exalos Madiun membawa sejumlah ular sebagai bahan praktek langsung Bhabinkamtibmas untuk mengetahui tingkat keagresifan serta cara penanganannya “ tambah Miftakhudin.“
Sedikitnya ada 179 Bhabinkamtibmas dari 13 Polsek Jajaran Polres Madiun yang hadir dan antusias mengikuti Pelatihan Peningkatan Kemampuan Snake Rescue sebagai bekal apabila ada keluhan dari masyarakat ” pungkasnya.(Den)

Check Also

Kapolres Ponorogo Berikan Reward Kepada Anggota Berprestasi

  SeputarKita, Ponorogo – Kapolres Ponorogo AKBP  Anton Prasetyo S.H, S.I.K, M.Si memberikan penghargaan atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *