Lancarkan Roda Perekonomian Warga, Dinas PUPR Magetan Bangun Kembali Jembatan Desa Klagen Barat.

 

SeputarKita Magetan – Jembatan Klagen merupakan akses utama bagi warga Desa Klagen, Kecamatan Barat untuk menuju pusat Kecamatan Barat dan wilayah Kabupaten Madiun. Amblesnya jembatan membuat warga dan petani yang mengangkut hasil panen harus memutar sejauh 10 kilometer.

Jembatan yang sudah berusia 55 tahun itu diketahui ambles setahun yang lalu, muncul lubang menganga di badan jembatan dengan diameter lubang lebih dari satu meter.

Meskipun berstatus infrastruktur milik desa, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang segera membangun kembali jembatan Desa Klagen ini dengan menggelontorkan dana sebesar Rp. 754.142.000,- melalui APBD Tahun 2022 yang dikerjakan oleh CV. Indo Karya dengan Konsultan CV Karya tuju Satu.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Muhtar Wahid ST, MT, melalui Kepala Bidang Bina Marga Didiek Budiman ST, saat ditemui diruang kerjanya menuturkan, bahwa pihaknya memprioritaskan jembatan Klagen tersebut sebab salah satu alasan sebagai akses perekonomian warga.Senin, (14/11/2022).

“Jembatan Klagen sebagai penghubung antara Kabupaten Magetan dan kabupaten Madiun, dengan adanya bencana ini akses warga jadi terputus. Ada sebagian wilayah kabupaten Magetan yang berlokasi di timur jembatan, sehingga keberadaan jembatan ini sangatlah penting bagi warga Kabupaten Magetan yang ada di Desa Klagen ini. Sehingga kita prioritaskan untuk memperbaiki lagi.” Terangnya.

“Semoga dengan perbaikan Jembatan ini, bisa kembali dimanfaatkan oleh masyarakat, Khusunya warga Desa Klagen untuk akses angkutan panen dan akses utama penghubung antar dua kabupaten yakni Magetan dan Madiun. Sehingga roda perekonomian kembali lancar.” Harap Didik.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Klagen Susi Yuliana Sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas PUPR yang telah sigap membangun kembali Jembatan Klagen yang ambles akibat di terjang banjir beberapa waktu lalu, dan saat ini pembangunan jembatan hampir selesai.

“Semoga dengan kembali dibangunnya jembatan Klagen ini akan memudahkan masyarakat untuk berakatifitas kembali, sehingga roda perekonomian semakin lancar, dan terutama anak anak sekolah juga tidak lagi memutar lewat wilayah lain.

Untuk informasi, pembangunan jembatan Klagen ini di target selesai pada bulan Desember Tahun 2022. (Tris)

Check Also

Gangguan Pengereman, Bus Tujuan Sarangan Alami Laka Tunggal

  SeputarKita, Magetan – Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di Jalan Raya Cemorosewu-Plaosan, tepatnya di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *