Tingkatkan Produktifitas Pertanian, Dinas PUPR Magetan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Kenti

SeputarKita, Magetan – Selain faktor cuaca dan kandungan unsur hara didalam tanah, kesuburan tanaman juga dipengaruhi oleh kecukupan pasokan air. Pemberian air yang mencukupi merupakan faktor penting bagi pertumbuhan tanaman. Demikian pula halnya dengan usaha meningkatkan produktivitas suatu lahan pertanian. Ketersediaan air merupakan faktor penting, tanpa air yang cukup produktivitas suatu lahan tidak bisa maksimal.

Pemerintah Kabupaten Magetan terus berupaya meningkatkan persediaan air untuk lahan pertanian, salah satunya adalah dengan melakukan rehabilitasi jaringan irigasi. Hal ini menjadi program pemerintah dalam rangka meningkatkan produktifitas hasil panen di beberapa daerah di wilayah Magetan.

Pemerintah Kabupaten Magetan malalui Bidang Sumber Daya Alam, Dinas PUPR melakukan rehabilitasi saluran Kenti, Desa Kalang, Kecamatan Sidorejo sisi sebelah kiri. Menurut informasi yang diterima oleh awak media saluran sebelah kanan dalam kondisi rusak dan rawan longsor.

Kepala Bidang Sumber Daya Air, Yuli K Iswahyudi, ST, MT melalui Winarko Juru pengairan UPTD pengairan Jejeruk Dinas PUPR Bidang SDA mengatakan, atas permintaan Pemerintah Desa Kalang sehingga dibuatkan saluran Kenti baru lewat sebelah kiri. Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka mengantisipasi kekeringan.

“Awalnya ini adalah permintaan dari Pemerintah Desa Kalang, karena kondisi saluran Kenti sebelah kanan posisinya dipinggir sungai atas (gandong lor) itu mau ambrol (longsor) mau ditangani sangat berat, untuk antisipasinya maka di buatkan baru saluran kenti sebelah kiri dengan panjang hampir 378 meter dengan lebar 50 cm dan tinggi 70 cm.” Terangnya.

“Saluran ini nantinya akan mengairi 3 desa, yaitu Desa Kalang, Campursari dan Desa Candirejo dengan total luas lahan hampir 47 Ha.” Ungkapnya.

“Kami berharap dengan adanya Saluran Kenti sebelah kiri ini aliran air berjalan dengan lancar sehingga produktifitas pertanian di tiga desa ini bisa meningkat, dan tentunya kesejahteraan warga juga ikut berbenah”. Harapnya. (Tris).

Check Also

Relawan Projo dan Pasukan Gibran Tegaskan Dukungan Untuk Bunda Lisdyarita Pada Pilkada Ponorogo

  SeputarKita, Karanganyar – Geliat dukungan terhadap Bunda Lisdyarita untuk Pilkada Ponorogo 2024 kian menguat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *