Festival Dawuhan Senopati, Potensi Wisata Desa Pacalan

SeputarKita, Magetan – Berada di kaki Gunung Lawu membuat kondisi geografis Desa Pacalan Kecamatan Plaosan memiliki potensi wisata alam yang luar biasa. Dengan beragam potensi yang ada,  masyarakat beserta pemerintah desa setempat bertekad mewujudkan menuju desa wisata.

Dengan sumber daya alam yang masih alami serta sumber air yang sangat melimpah, Desa Pacalan sangat berpotensi menjadi wisata penyangga bagi wisata yang sudah ada, seperti Telaga Sarangan, Mojosemi dan wisata lainnya yang berada diatasnya.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Kepala desa Pacalan Agus Suharto, ST.MT dalam giat bersih Desa Pacalan yang bertajuk “Festival Dawuhan Senopati”. Minggu, (28/08/2022).

Pemerintah Desa Pacalan telah menyiapkan rencana pembangunan titik wisata dengan areal seluas 3 Hektar yang akan segera direalisasikan dalam waktu dekat ini. Dan potensi sumber air yang melimpah akan menjadi program unggulan Desa Pacalan.

“Pemerintah Desa Pacalan bersama Pokdarwis serta masyarakat Pacalan mengadakan kegiatan Festival Dawuhan Senopati yang diikuti semua warga desa. Semoga dengan adanya Festival Dawuhan Senopati ini bisa menjadi titik awal dan menggugah semangat warga Desa Pacalan untuk menjadikan Pacalan sebagai tempat kunjungan wisata, kita terus berbenah untuk mewujudkan itu.” Terangnya.

Menurut Agus, berbagai inovasi yang dilakukan bertujuan untuk lebih mengangkat Desa Pacalan  sebagai salah satu destinasi wisata desa yang diperhitungkan. Salah satunya adalah memberi warna pada kegiatan rutin seperti giat bersih desa ini. Selain untuk nguri – nguri budaya leluhur, kegiatan ini dikemas dengan konsep kepariwisataan.

“Kegiatan ini adalah rangkaian dari bersih desa yang kita selenggarakan pada setiap hari Jumat Kliwon kemarin, yang biasanya setiap Jumat Legi di bulan Suro (Muharam), ini merupakan bentuk syukur kita pada Tuhan YME yang telah melimpahkan rejeki pada warga Pacalan yang kebanyakan petani sayuran, yang kita wujudkan dengan tumpengan sayur – sayuran”. Lanjutnya.

Ditempat yang sama, Yudo Wahyono S.Sos. M.si selaku Camat Plaosan sangat mengapresiasi kegiatan Festifal Dawuhan Senopati  yang digagas oleh Pemerintah Desa Pacalan.

“Saya sangat berterimakasih, karena ini inovasi yang sangat luar biasa. Harapan kita semua wisata desa yang digagas kepala desa ini tidak kalah dengan wisata – wisata yang sudah ada. Diharapkan kedepanya Wisata Desa Pacalan ini sebagai penyangga wisata yang ada di sekitarnya.” Tutur Camat.

Menurut Camat Plaosan, meskipun baru pertama kali digelar, kegiatan tersebut sudah sangat luar biasa.

“Semoga kedepannya Festival Dawuhan Senopati terus berkembang dan menjadi kebanggaan Desa Pacalan dan Magetan umumnya.” Pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Festival Dawuhan Senopati (Bersih Desa) berupa doa bersama yang bertempat di Sumber Mudal dan dimeriahkan dengan pawai serta tampilan seni Reog dari Karang Taruma Desa Pacalan tersebut, mendapat antusiasme luar biasa dari masyarakat sekitar maupun pengunjung yang datang dari luar. (Tris).

Check Also

Pupuk Jiwa Enterpreneur, SDN Pangongsean 1 Gelar Bazar Produk Makanan Khas Daerah 

  SeputarKita, Sampang – UPTD SDN Pengongsean 1, Kecamatan Torjun, Sampang mengadakan Bazar dan Gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *