Jagung Varietas JAGO Akan Sejahterakan Petani Nganjuk

Jagung Varietas Jago, hasil panen petani

SeputarKita, Nganjuk – Tanaman Jagung hasil rekayasa genetika yang telah dihasilkan oleh PT. Advanta Seed Indonesia (ASI) yang berkantor pusat di Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur dengan nama Varietas JAGO.

Kelompok Petani Desa Kecubung, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk telah menanam untuk membuktikan apakah Jagung Varietas JAGO benar – benar bisa sejahterakan para Petani khususnya di Nganjuk nantinya.


Setelah menanam dengan usianya antara umur 105 – 115 hari, dengan kondisi tanaman Jagung yang sangat baik ini, sebelum memanen hasil jerih payahnya, para Petani merayakannya dengan acara Dangdut di areal persawahan tersebut, Rabo (15/6/2022).

Agus Suwono motor penggerak petani Jagung

Dengan dimotori Agus Suwono, seorang perangkat Desa Kecubung yang juga sebagai Petani mengatakan, Jagung Varietas Jago ini bisa menghasilkan panen yang cukup signifikan. Dalam satu hektar bisa menghasilkan 13 – 14 Ton pipilan kering. 


“Harga jagung pipilan kering Rp. 5.000,- / Kg. Sudah bisa diprediksi, para Petani akan meraup penghasilan signifikan dibanding Padi. Oleh karena para Petani yang menanam Jagung merasa cukup puas, akhirnya mereka sepakat dirayakan dengan acara Dangdut.” Ujar Agus.

Tri Ganda Sales Manager Prov. Jatim PT ASI, Sebagai produsen benih Jagung varietas Ruby dan Jago

Pada kesempatan tempat dan waktu yang sama ini, Sales Manager PT. ASI Wilayah Jawa Timur, Tri Ganda, kepada awak media Seputarkita menandaskan, bahwa Varietas Jagung JAGO ini tahan terhadap ancaman berbagai hama dan penyakit. Bahkan juga tahan terhadap roboh akibat bencana tiupan Angin. Ada Varietas satunya untuk areal yang basah yakni Varietas Ruby yang tahan pada tanah yang sering tergenang air.

“Dengan panen raya yang dilakukan hari ini adalah sebuah bukti bukan janji manis. ” Tandas Tri Ganda.

Pendapat yang disampaikan Ketua LSM Tan Tuna Nganjuk, Puji Astowo Rahardjo dalam acara panen raya ini mengatakan, masyarakat sekarang tidak butuh janji – janji palsu. Namun butuh bukti sebagaimana yang saat ini dirasakan para Petani Desa Kecubung hari ini. (Par dkk)

Check Also

Truk Si Cepat Terbakar di KM 592 Tol Ngawi – Kertosono

  SeputarKita, Magetan – Sebuah truk box (Ekspedisi) pengangkut paket milik Si Cepat terbakar di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *