Ritual Budaya Gebyar Polo Pendem Punden Losari


SeputarKita, Magetan – Menjelang datangnya Bulan Suci Ramadhan Tahun 2022, Pokdarwis Punden Losari Maospati menggelar ritual Budaya Gebyar Polo Pendem, Minggu (6/3/2022). 

Gebyar Polo Pendem tersebut dihadiri Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Lurah beserta Perangkat, LPM, Pokdarwis Punden losari serta warga setempat. 

Gebyar Polo Pendem ini merupakan agenda rutin yang bakal digelar setiap tahun menjelang datangnya bulan Suci Ramadhan .

Gebyar Polo Pendem merupakan sebuah aktivitas untuk meningkatkan hasil Bumi yang dibentuk gunungan yang berisikan Polo Pendem dan hasil bumi seperti sayuran dan buah buahan yang diarak keliling yang diiringi Fan Bike Pakaian Adat dan diiringi Tari Gambyong sebelum gunungan direbutkan warga.

Selain itu, Pada acara tersebut juga digelar bazar UMKM dan turut dimeriahkan Dinas Perpustakaan Magetan dengan Mobil Perpustakaan Keliling untuk anak-anak yang gemar membaca dan tak kalah menarik juga ada pagelaran Musik Akustik.

Sekretaris Dinas Pariwisata Dian Astuti Purwandari berharap semua unsur dari pokdarwis dan warga masyarakat lebih bersinergi dalam menyelenggarakan acara yang lebih kreatif, inofatif dan dapat meningkatkan perekonomian disekitar.

“Terimakasih atas kerja keras dari pokdarwis dan dukungan dari masyarakat, semoga kedepannya akan tercetak event – event yang lebih bagus.” Tuturnya.

Di penghujung acara juga dilaksanakan Ritual Genduri oleh warga setempat. (Mey).

Check Also

Truk Si Cepat Terbakar di KM 592 Tol Ngawi – Kertosono

  SeputarKita, Magetan – Sebuah truk box (Ekspedisi) pengangkut paket milik Si Cepat terbakar di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *