Ratusan Budayawan Menggelar Ikrar Sumpah Hamusthi Budaya Nusantara Di Candi Pala Blitar


SeputarKita, Blitar – Dalam pagelaran Sumpah Hamusthi Budaya Nusantara di Candi Pala Blitar ini menghadirkan ratusan Budayawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dengan tujuan membangkitkan,dan menyatukan budaya yang lama sirna. Jumat,(25/3/2022).

Ketua penyelenggara Ki Aris Sugito menyampaikan, acara hari ini adalah Ikrar Sumpah Hamusthi Budaya Nusantara dan penyatuan tanah serta air suci,dan api abadi.Maksudnya adalah membuat suatu ikatan bersama,suatu tekat yang bulat untuk membangun negara ini dengan peradaban Leluhur Bangsa Nusantara ini.

Lebih lanjut lagi Ki Aris Sugito menjelaskan budaya-budaya yang pernah hilang dan sirna selama ini, sekarang akan bangkit kembali.Budayawan dari berbagai daerah Jawa Timur seperti Sidoarjo,Mojokerto,Jombang,Nganjuk,dan lainnya ini masing-masing membawa air dan tanah suci dari daerahnya masing-masing khususnya Tanah dan Air yang berada di situs-situs cagar budaya yang mengandung nilai-nilai dan sejarah nusantara.

Selanjutnya Air dan Tanah suci yang datang dari berbagai daerah di Jawa Timur ini akan kita satukan disini yaitu di Candi Pala Penataran kabupaten Blitar Jawa timur dan akan kita jadikan Simbol Bangkitnya Nusantara, yang mana Api menyimbolkan Semangat yang berkobar, Air sebagai lambang kehidupan,dan Tanah adalah lambang Ibu Pertiwi, terang Ki Aris Sugito.


Juga hadir ditengah-tengah acara Ikrar Sumpah Hamusthi Budaya Nusantara ini Ketua DPRD Propinsi Jawa Timur Kusnadi,S.H,M.Hum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan,”Budaya Lahir dari Ekspresi Jiwa dan Budi Pekerti serta Prilaku Kita”. Saya mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya dengan digelarnya acara ini adalah telah mewujudkan Profil Budaya Nusantara dan Berkumpulnya para Budayawan, Spiritual dan penggiat budaya lainnya juga telah menjadi simbol Bangkit dan Bersatunya Nusantara,terangnya.(Gus)

Check Also

Doa Lintas Agama, Pemdes Wonokerto Gelar Sedekah Desa

  SeputarKita, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang menggelar sedekah desa. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *