Pameran Tosan Aji Menjadi Wahana Edukasi Siswa Sekolah


SeputarKita, Magetan – Pameran Tosan Aji yang di gelar di Gedung Tripandita Magetan menjadi berkah sendiri bagi sekolah sekitar kota Magetan, dikarenakan bisa menjadi ajang belajar bagi siswanya untuk lebih mengenal budaya asli Indonesia yang pada dekade terakhir ini sudah mulai luntur, terutama di kalangan anak-anak tingkat sekolah.

Seperti apa yang telah disampaikan salah satu guru pembimbing SMP 1 Magetan bahwa akhir akhir ini banyak anak anak sekolah lebih menyukai budaya asing, salah satunya artis-artis Korea yang saat ini sedang ngetren. Sabtu, (27 /11/2021).

“Dengan adanya pameran ini, siswa kelas 7 yang berjumlah sekitar 200 siswa kita ajak berkunjung kesini untuk melihat dan memahami, sehingga timbul kembali rasa bangga dan kembali mencintai budaya leluhurnya.” Ujar Guru Pembimbing tersebut.

Senada dengan guru pembimbingnya, Vincent salah satu siswa kelas 7 SMP 1 Magetan nerasa sangat bangga sekali adanya pameran tosan aji di Magetan ini, karena menurutnya ini baru pertama kalinya melihat pameran keris.

“Semoga kedepan bisa diadakan di sekolah-sekolah yang ada di Magetan dan pengetahuan tentang keris ini kalau bisa di masukkan dalam para pelajaran seni budaya.” Ucapnya.

Ditempat yang sama, Joko Trihono selaku Kepala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Magetan mengatakan, Keris adalah budaya bangsa kita dan sudah diakui oleh dunia lewat UNESCO.

“Kita sebagai bangsa pemilik keris ini tatkala kita lupa berarti kita melupakan budaya leluhur kita, oleh sebab itu dalam pameran keris ini kita berharap kalangan muda seperti anak-anak SMP kita ajak untuk melihat pameran ini. “Ucap Joko.

“Kemarin pada hari kedua anak-anak SMA kita berikan Seminar tentang keris, bagaimana keris ini dalam prospek budaya dan bagaimana keris ini dalam tataran kehidupan kita, baik sosial, ekonomi dan agama.” Pungkasnya. (G.Tris).

Check Also

Bupati Ponorogo Mengikuti Doa Bersama Dalam Rangka Bersih Desa Kradenan

  SeputarKita, Ponorogo – Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko mengikuti tawasul/doa bersama dalam rangka bersih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *