Gelar Budaya Ngawi, Salah Satu Upaya Bangkitkan Geliat Ekonomi Pelaku Seni


SeputarKita, Ngawi – Pandemi Covid-19 yang belum kunjung berakhir berdampak serius terhadap kelangsungan hidup seniman dan pekerja seni. Guna melestarikan seni dan budaya sekaligus sebagai upaya membangkitkan geliat ekonomi bagi pelaku seni, Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar acara yang bertajuk GERBANG “Gelar Budaya Ngawi”.

Acara tersebut digelar Minggu – Jumat (14-19/11/21), yang diikuti seniman di Kabupaten Ngawi dan secara resmi dibuka Wakil Bupati Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko, di Pendopo Widya Graha Ngawi.

Kepala Disparpora Ngawi Raden Rudi Sulisdiana melalui Kepala Bidang Kebudayaan Istamar mengatakan, kegiatan tersebut digelar sebagai wujud nyata upaya pelestarian seni dan budaya Ngawi untuk pengembangan dan sekaligus mempromosikan seni dan budaya Ngawi yang sempat terhenti karena pandemi Covid -19” kata Istamar, Minggu (14/11/2021)

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Disparpora Ngawi dalam mendorong pelaku seni, paguyuban dan pecinta budaya untuk terus melestarikan dan meningkatkan kualitas seni budaya yang dilakoni meski dalam masa pandemi ini dengan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara, Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko menyampaikan pagelaran ini sebagai ajang berkreasi bagi pelaku seni dan budaya di Kabupaten Ngawi

“ Selain itu, dapat mengembangkan seni budaya di kabupaten Ngawi yang sempat terdampak pandemi Covid-19” kata Wabup Ngawi.

Mas Antok saapan akrab Wabup Ngawi berharap event ini sebagai titik balik pagelaran seni budaya di Kabupaten Ngawi saat ini yang mengendepankan protokol kesehatan,

“Pandemi Covid-19 ini, mengakibatkan tidak adanya pagelaran seni budaya sehingga berpengaruh terhadap sarana dan prasarananya, termasuk sound system dan tenda (terop,red). Makanya, dengan kegiatan ini semoga bisa membangkitkan kembali geliat ekonomi pelaku seni beserta penyedia sarprasnya,” pungkasnya. (Red).

Check Also

Truk Si Cepat Terbakar di KM 592 Tol Ngawi – Kertosono

  SeputarKita, Magetan – Sebuah truk box (Ekspedisi) pengangkut paket milik Si Cepat terbakar di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *