Program TRANSFUMI, UMKM Pemalang Lebih Kreatif, Produktif Serta Adaptif

SeputarKita, Pemalang – Program Transformasi Formal Usaha Mikro (TRANSFUMI) merupakan komitmen untuk mendukung Transformasi Informal ke Formal Usaha Mikro melalui Legalitas Usaha NIB (Nomor Induk Berusaha) dengan target 2,5 Juta Usaha Mikro dan mewujudkan Transformasi Digital 30 Juta UMKM di tahun 2023.

Program TRANSFUMI berupaya memberikan bimbingan teknis mengenai pembuatan Legalitas Usaha (NIB) termasuk sertifikat Halal, dan SNI kepada UMKM di seluruh Indonesia khususnya di kabupaten Pemalang, sehingga dapat memiliki kemampuan mentoring bisnis digital dan keamanan siber, dan dapat lebih mudah mengakses berbagai fasilitas kemudahan usaha yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Pemalang. Sabtu (30/10/2021).

Bertempat di Pendopo Kabupaten Pemalang, Mukti Agung Wibowo ST M.Si diwakili Sekda Kabupaten Pemalang Ir .M Arifin menyampaikan, “program transfumi di Kabupaten Pemalang ini dapat membantu para pelaku UMKM lebih kreatif, produktif serta adaptif dalam menghadapi tantangan berusaha, terutama dalam era Industri 4.0, di mana aspek digitalisasi dan pemanfaatan teknologi informasi memegang peranan penting dalam mendukung kemajuan usaha. ” ujarnya. 

“Lakukanlah setiap program maupun kegiatan dengan serius dan sungguh-sungguh, karena kesungguhan dan keseriusan adalah salah satu aspek penting dalam meraih kesuksesan, serta terwujudnya visi dan misi kabupaten pemalang untuk menjadi daerah yang Aman (Adil ,Makmur, Agamis dan Ngangeni).” Tambahnya. 

Turut hadir Forkopimda Kabupaten Pemalang, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Pemalang, master mentor dan segenap mentor MMI Garda Transfumi Kabupaten Pemalang dan panitia Rekruitmen UMKM serta tamu undangan.

Di tempat yang sama ketua Penyelenggara Transfumi, M.Ikmaludin Aziz menjelaskan “Garda Transfumi adalah sebuah gerakan pendampingan untuk melatih dan mendampingi para pelaku UMKM agar dapat bertansformasi dari non formal menjadi formal. Garda Transfumi lahir diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM bergandengan dengan Mercy Corps Indonesia.” Ucapnya.

Garda Transfumi yang dibentuk pada Mei 2021 merupakan gerakan kerelawanan dengan tugas dan tanggung jawab melatih serta mendampingi UMKM dalam mengembangkan formalitas usaha.

“Selain melatih pendampingan UMKM Pemalang, Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam hal ini tidak bosan untuk memfasilitasi, membimbing, membina dan membantu kami untuk bergerak bersama dalam usaha meningkatkan program kegiatan UMKM di Kabupaten Pemalang. ” Pungkasnya. (FahmiNur)

Check Also

Truk Si Cepat Terbakar di KM 592 Tol Ngawi – Kertosono

  SeputarKita, Magetan – Sebuah truk box (Ekspedisi) pengangkut paket milik Si Cepat terbakar di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *