Bazar IKM dan Bagi Takjil, Anggota Forum IKM Magetan Terima Sertifikasi Halal


SeputarKita, Magetan – Pandemi Covid-19 tentunya membawa dampak yang luar biasa, banyak sektor yang mengalami kelumpuhan termasuk pelaku usaha baik Kecil maupun menengah.

Untuk membangkitkan dan menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Magetan, Forum Industri Kecil Menengah (IKM) Magetan menggelar Bazar Produk IKM.

Bazar yang bertemakan Dengan Semangat Ramadhan Kita Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan bersama IKM Magetan ini dilaksanakan di depan Gedung Tripandita Magetan, tepatnya timur Pendopo Surya Graha Magetan, Jawa Timur. Sabtu (24/04/2021)

Turut hadir dalam kegiatan kali ini, Sekretariat Daerah Kabupaten Magetan, Kepala Kemenag Magetan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Magetan, Anggota Ikatan Jurnalis Magetan, serta para pelaku IKM Magetan.

Tujuan digelarnya bazar adalah untuk memperkenalkan produk dari industri lokal di Magetan. Selain itu, juga dilakukan pemberian sertifikat halal kepada empat anggota IKM yang produknya telah dinyatakan halal oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Ketua IKM Magetan, Ahmad Baiquni mengatakan, “Belum semua anggota mendapatkan sertifikasi halal, semoga kedepan semua anggota IKM Magetan bisa mendapatkan sertifikasi halal,” ungkapnya.


Menurut Baiquni, sertifikasi halal ini mampu mendongkrak penjualan dan omset industri kecil menengah di Magetan, karena masyarakat yakin dengan produk yang sudah bersetifikat halal tersebut.

“Karena sudah terbukti halal, masyarakat tidak akan ragu membeli produk tersebut, sehingga penjualan akan meningkat,” tambahnya.

Kedepan Forum IKM Magetan akan mendorong dan membantu pelaku IKM di Magetan untuk mengurus sertifikat halal dan perizinan.

“Kita akan bantu untuk mengurus legal usaha pelaku IKM di Magetan, termasuk hak patennnya juga,” tutupnya.

Ditempat yang sama , Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Magetan, ir. Hergunadi mengatakan, Forum IKM diharapkan dapat membantu Pemda Magetan untuk mendorong atau membantu membuat mengurus sertifikat halal ataupun perizinan bagi pelaku usaha industri Magetan.

“Forum IKM harus bersinergi dengan Pemda, karena di Magetan sendiri banyak pelaku industri usaha yang legalitasnya belum terurus,” terang Hergunadi.

Sekda juga menyarakan untuk memaksimalkan pasar online untuk menembus pasar luar negeri, mengingat banyak orang Indonesia di luar negeri. Pihaknya berharap anak muda juga harus ikut membuat start up karena dengan begitu bisa berperan lebih untuk membantu pemasaran.

“Banyak orang Indonesia di luar negeri suatu saat dia kangen dengan produk dalam negeri, bisa dipasarkan dengan start up. Pemasaran keluar negeri bisa dilakukan apabila faktor legalitas sudah ada, Tentunya kita harapkan selanjutnya, banyak IKM yang sudah bersetifikat halal dan sertifikat-sertifikat lainnya,” pungkas Sekda.

Tak hanya Bazar Produk IKM Magetan saja, dalam kegiatan kali ini juga dilaksanakan pembagian takjil gratis kepada pengguna jalan yang melintas di lampu merah Alun – Alun Magetan, bhakti sosial terapi gratis oleh PERTHI DPC Magetan dan diramaikan musik akustik religi. (Red)

Check Also

Truk Si Cepat Terbakar di KM 592 Tol Ngawi – Kertosono

  SeputarKita, Magetan – Sebuah truk box (Ekspedisi) pengangkut paket milik Si Cepat terbakar di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *