Crossing Jalan Jaringan Irigasi Tunggu Oleh Bidang SDA Dinas PUPR Magetan

SeputarKita, Magetan – Untuk menjamin kelancaran air dilahan pertanian dan mengatasi resiko genangan banjir saat musim penghujan di Desa Ngunut dan Desa Pojok, Kecamatan Kawedanan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Magetan, melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) mengerjakan proyek Crossing Jalan Jaringan Irigasi Tunggu.

Kegiatan ini merupakan usulan dari para petani pemanfaat air irigasi dari Dam Tunggu yang mengharapkan agar aliran air irigasi ke persawahan makin lancar.

Diterangkan salah satu pekerja proyek, dengan nilai kontrak Rp. 81.600.000,- dan dikerjakan oleh CV. Karya Nugraha, crossing jalan jaringan irigasi Tunggu ini dipastikan rampung sebelum akhir bulan Desember.

Sementara ketika ditemui dikantornya, Rabu (2/11/2020). Kabid SDA (Sumber Daya Air) Dinas PUPR Kabupaten Magetan Yuli K Iswahyudi, ST, MM, melalui Kepala UPTD Bringin, Hendro Sasongko mengatakan bahwa proyek Crossing Jalan Jaringan Irigasi Tunggu dilakukan dengan pemasangan gorong – gorong box culvert crossing dibawah jalan Raya Tulung – Lembeyan persis di depan kantor Desa Ngunut Kecamatan Kawedanan.

“Dengan memperbesar dimensi gorong – gorong ini diharapkan aliran air irigasi semakin lancar dan mudah dalam pembersihan sampah dan sangkrah.”Ucapnya.

” Kelak jika proyek ini selesai, diperkirakan akan mampu mengairi lahan pertanian seluas 48 hektar”, terangnya.

“Kami berharap, kedepan lahan pertanian di Desa Ngunut dan Desa Pojok serta sekitarnya dapat tercukupi kebutuhan airnya. Karena lebih lancar alirannya. Dengan demikian dapat meningkatkan produktifitas pertanian. Yang pada pada akhirnya bisa meningkatkan pula taraf hidup para petani diwilayah ini,” pungkas Hendro. (Nur)

Check Also

Semangat Kinerja Meningkat, Pemdes Cepoko Bagi Honor Operasional RT dan RW

Semangat Kinerja Meningkat, Pemdes Cepoko Bagi Honor Operasional RT dan RW

  SeputarKita, Ngawi – Kabar gembira datang dari Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Pemerintah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *