APBDesa Dadapan Fokus Pembangunan Sejumlah Infrastruktur

Kepala Desa Dadapan Rusmiatin 

Ponorogo, Seputarkita – Pemerintah Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo terus berupaya melakukan percepatan dan mewujudkan pemerataan pembangunan sejumlah Infrastruktur di desanya.

Hal tersebut terlihat dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) Dadapan Tahun 2019, sebagai wujud dari aspirasi, gagasan dan harapan warga masyarakat, yang selalu dilibatkan dalam Musyawarah Desa (Musdes). Baik dalam proses menyusun RPJMDes, RKPDes dan APBDes.

Kepala Desa Dadapan, Rusmiatin saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, semua aspirasi, gagasan dan harapan dari warga masyarakat, anggaran serta pendapatan belanja desa tertuang dalam APBDes Dadapan Tahun 2019 ini. Terlebih APBDes itu milik masyarakat desa, bukan milik kades dan aparatur desa saja. Untuk itu, sebagai milik publik, maka Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) harus dipublikasikan agar semua warga dapat mengawasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang akan dibiayai oleh APBDes.

Anggaran dan Pendapatan Belanja Desa (APBDesa) Dadapan Tahun 2019 

”APBDes Dadapan sendiri sudah kita cetak pada benner yang akan dipasang di depan kantor balai desa. Yang berisi tentang informasi  secara rinci mengenai semua pendapatan dan pengeluaran Desa Dadapan tahun 2019. Ini adalah bentuk transparansi pemerintah Desa Dadapan dalam penggunaan Anggaran dan Pendapatan Belaja Desa (APBDes) Tahun 2019, “kata Rusmiatin saat dikonfrimasi di ruangnya, Rabu (14/8).

Rusmiatin yang kembali pimpin Desa Dadapan periode 2019-2015 menambahkan, untuk alokasi anggaran Pemerintah Desa Dadapan masih fokus pada pembangunan infrastruktur seperti pengerasan jalan, jembatan, talut, plengsengan sekitar 63, 50 %. Sedangkan lainnya dialokasikan untuk penyelenggaraan pemdes 30%, pembinaan kemasyarakatan 5,10% dan pemberdayaan masyarakat 1,7%.

Salah satu pembangunan infrastruktur di Desa Dadapan

“Kita mengalokasikan anggaran fokus pada percepatan dan mewujudkan pemerataan pembangunan sejumah infrastruktur yang ada di Desa. Harapannya dengan infrastruktur yang memadai sudah tentu dapat memperlancar roda perekonomian sehingga kedepannya meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat dan kemajuan Desa Dadapan. Selain pembangunan infrastruktur,  untuk pemberdayaan fokus pada pelatihan dan penyuluhan pemberdayaan perempuan serta pelatihan  Usaha Micro Kecil dan Menengah atau UMKM, agar kedepannya para warga masyarakat memiliki ketrampilan yang bisa menjadi sumber pendapatan bagi keluraga dan lingkungannya, “pungkas Kades Dadapan.(sul)

Check Also

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

Operasi Patuh Semeru 2024 di Gresik, Bersama Tingkatkan Keselamatan Berlalu Lintas

  SeputarKita, Gresik – Apel Operasi Patuh Semeru 2024 yang dipimpin Wakapolres Gersik Kompol Danu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *