Pavingisasi Desa Kwadungan Lor Libatkan Masyarakat, Ciptakan Keharmonisan Antar Elemen

 

SeputarKita, Ngawi – Pemerintah desa Kwadungan Lor, kecamatan Padas, Ngawi pavingisasi jalan dusun Jomblang RT/RW 01/04, dengan volume 3,3 x 224 meter, menggunakan dana desa tahun anggaran 2024 sebesar Rp. 169.800.000,00.

Pekerjaan ini merupakan lanjutan dari proyek pavingisasi tahun lalu. Diketahui, pada tahun ini, desa dengan jumlah penduduk 3296 ini telah menyelesaikan pekerjaan infrastruktur jalan dusun mencapai 70 persen, artinya hanya diperlukan 30 persen lagi maka semua ruas jalan dusun di desa Kwadungan Lor terfasilitasi paving block.

Kepala Desa Kwadungan Lor, Sutriyono menyampaikan, disamping telah menjadi program pemerintah, pavingisasi di wilayahnya merupakan hal krusial. Mengingat kepadatan penduduk desa Kwadungan Lor cukup tinggi dan dengan profesi rata-rata penduduknya petani dan wiraswasta, maka infrastruktur jalan yang layak adalah penunjang penting demi kelancaran mobilitas warga.

Pembangunan jalan lingkungan berbasis masyarakat ini, menurutnya, bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan peran serta masyarakat desa dalam pembangunan serta menumbuhkan kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam mengatasi permasalahan dan penyediaan infrastruktur pedesaan.

“Pembangunan jalan berbasis masyarakat ini pemting, sebab, ini akan memberikan peran lebih kepada masyarakat untuk mendukung kemanfaatan infrastruktur desa” terangnya, Senin (01/07/2024).

Dengan melibatkan masyarakat secara penuh, imbuhnya, akan menciptakan rasa memiliki dan cinta lingkungan. Dengan begitu, komunikasi antar pemangku kepentingan baik dari beberapa elemen masyarakat dan pemerintah desa bakal terbangun harmonis.

“Tujuan melibatkan masyarakat secara penuh dalam pekerjaan ini adalah untuk menciptakan rasa saling memiliki, menciptakan komunikasi antar elemen masyarakat sehingga terbangun keharmonisan” jelasnya. (Gus).

Check Also

Semangat Kinerja Meningkat, Pemdes Cepoko Bagi Honor Operasional RT dan RW

Semangat Kinerja Meningkat, Pemdes Cepoko Bagi Honor Operasional RT dan RW

  SeputarKita, Ngawi – Kabar gembira datang dari Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Pemerintah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *