Peringati HLUN Ke-25, Kemensos RI Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis Untuk Masyarakat Magetan

 

SeputarKita, Magetan – Dalam Rangka Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 Tahun 2024 Kementerian Sosial (Kemensos) RI berkolaborasi bersama Sentra Terpadu Kartini di Temanggung menggelar pelayanan operasi katarak gratis bagi warga di Kabupaten Magetan dimulai dengan pelaksanaan Screening awal bagi calon peserta operasi katarak, Pada Selasa (25/06/24).

Selanjutnya untuk Operasi Katarak Gratis dilaksanakan hari ini, Sabtu 29 Juni 2024, berikut kontrol pasien katarak sampai dengan pasca operasi bertempat di Ruang Operasi Unit Poli Mata RSUD Dr. Sayidiman Magetan.

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Sosial Magetan Parminto, perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan, perwakilan Kepala RSUD dr. Sayidiman Magetan, Perwakilan Perdami Jawa Timur, serta perwakilan dari Sentra Terpadu Kartini di Temanggung, dan dibuka secara langsung oleh Pj. Bupati Magetan, Hergunadi, di Aula Ruang Tunggu Unit Operasi RSUD dr.Sayidiman Magetan.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Magetan, saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu masyarakat magetan untuk melakukan baksos operasi katarak secara gratis. Dimana acara ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Magetan, utamanya bagi penerima bantuan ini,”

 

Hal itu disampaikan oleh Pj. Bupati Hergunadi dalam acara tersebut, dimana operasi katarak ini dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dari yang tadinya tidak bisa melihat, dapat melihat kembali.

“Kita berharap dengan kegiatan kali ini pastinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Magetan,” Harap Pj. Bupati Magetan.

Parminto menjelaskan, sejak dibukanya pendaftaran, data awal penerima operasi katarak itu ada 123 kemudian saat dilaksanakan screening itu yang hadir sekitar 115, dan infonya yang tidak hadir itu sudah melakukan operasi sendiri, kemudian dari 115 itu yang lolos hanya 58, dan sebanyak 58 itu sudah hadir dalam pelaksanaan bhakti sosial operasi katarak hari ini.

“Total ada 137 penerima manfaat, termasuk yang operasi katarak ini ada sekitar 58 dimana semua anggaran berasal dari Dipa Kementerian Sosial (Sentra Terpadu Kartini Temanggung) dan kita berterima kasih sekali, karena sudah berulang kali Temanggung memberikan program kepada Pemerintah Kabupaten Magetan,” ujarnya.

Parminto juga mengatakan, untuk penerima yang tidak lolos itu ada beberapa faktor yang mengakibatkan ketidaklolosannya, antara lain belum parah, dan ada masalah lain yang mengakibatkan tidak bisanya dilakukan operasi katarak.

“Untuk yang tidak lolos itu ada yang belum parah dan ada beberapa masalah yang mengakibatkan tidak bisanya dilakukannya operasi katarak, dan untuk yang belum parah itu nanti akan kita pantau terus dan akan kita bahas bersama dinas terkait,” jelasnya.

Parminto menjelaskan sebetulnya sudah ada bantuan-bantuan semacam ini, baik kewirausahaan, alat bantu gerak dan lain sebagainya itu sudah ada. namun karena jumlahnya itu tidak sedikit maka Pemkab Magetan perlu kolaborasi dengan pihak yang ada di luar Kabupaten Magetan.

Lebih lanjut, hari ini dilaksanakan operasi dan besuk adalah kontrol pertama para penerima bhakti sosial operasi katarak, dan nantinya H+7 kontrol kedua, dan nantinya semua akan diberikan bantuan transport serta nanti diberikan bantuan paket sembako.

Selain operasi katarak, pihaknya juga memberikan penyaluran Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) bagi Pemerlu Pelayanan Kesehatan (PPKS) seperti bantuan kaki dan tangan palsu, alat bantu dengar, kursi roda anak, peralatan sekolah, dan sembako untuk pasien anak, selain itu bantuan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) berupa modal kewirausahaan, seperti barang dagangan, mesin jahit, hingga alat memasak juga diberikan. (Nd)

Check Also

Semangat Kinerja Meningkat, Pemdes Cepoko Bagi Honor Operasional RT dan RW

Semangat Kinerja Meningkat, Pemdes Cepoko Bagi Honor Operasional RT dan RW

  SeputarKita, Ngawi – Kabar gembira datang dari Desa Cepoko, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Pemerintah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *