Jelang Panen, Pemdes Keraswetan Prioritaskan Urug Jalan Isaha Tani Blok Bayem

 

SeputarKita, Ngawi – Pemerintah Desa Keraswetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi tak henti-hentinya terus berbenah untuk meningkatkan pertumbuhan kemajuan desanya.

Salah satu penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2024 yaitu kegiatan yang berkaitan dengan ketahanan pangan hayati dan hewani sebesar 20 % dari total Dana Desa (DD) yang diterimakan kepada desa. Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan Dana Desa untuk ketahanan pangan antara lain, memastikan program/kegiatan yang disepakati dalam musdes, dituangkan dalam RKP Desa dan APB Desa, serta RKP Desa dan APB Desa diterbitkan sesuai dengan ketentuan. dengan peraturan yang berlaku.

Berdasarkan aturan tersebut maka pemerintah desa mengangarkan beberapa kegiatan antara lain, Urug Jalan Usaha Tani, Pengadaan bibit kambing, Pemeliharan saluran irigasi persawahan, Toga, dan lain – lain.

 

Dalam pencairan Dana Desa ( DD ) Tahap I Pemerintah Desa Keraswetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi melakukan kegiatan Urug Jalan Usaha Tani di sawah blok bayem dengan lebar 4 meter, panjang 600 meter.

Menurut Kepala Desa Keraswetan Toni Riyadi, Pemerintah Desa Keraswetan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi memprioritaskan kegiatan Urug jalan usaha tani karena jalan tersebut saat ini bahu jalan tinggal 1,5 meter sampai dengan 2 meter saja, itupun dengan kondisi sangat labil atau becek.

“Untuk melakukan aktivitasnya petani ketika panen, mengangkut pupuk dan segala aktivitas pertanian menggunakan jalan sebelah utaranya yang melewati pinggiran rumah warga, sehingga kadang kala menimbulkan perselisihan akibat sampah daun bekas panen dan lain-lain.” Jelas Kades.

“Pekerjaan urug jalan usaha tani dimulai awal bulan juni 2024 dan berakhir di akhir juni 2024 oleh TPK yang dibentuk berdasarkan SK dengan harapan waktu panen nanti alat panen baik Blower, Combine Treser dan juga Truk sudah bisa masuk wilayah tersebut.” Lanjutnya.

Toni berharap dengan ditingkatkan jalan tersebut bisa memudahkan petani dalam bekerja dan membuat petani lebih sehahtera. (Red/ADV).

Check Also

Kapolres Sampang Pimpin Langsung Apel Gelar Patuh Semeru Tahun 

Kapolres Sampang Pimpin Langsung Apel Gelar Patuh Semeru Tahun 

  SeputarKita, Sampang – Kapolres Sampang AKBP Siswantoro S.IK, MH, Memimpin apel gelar pasukan Operasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *