Musrembang Tahun 2025, Pemdes Sayutan Catat Sejumlah Usulan Masyarakat Sebagai Daftar Prioritas

 

SeputarKita, Magetan – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2024, Pemerintahan Desa Sayutan, Kecamatan Parang merumuskan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2025.

Dalam musyawarah yang mengusung tema “Generasi Rukun Manunggaling Warga Ambangun” tersebut dihadiri oleh Forkopimca Parang, Kepala Desa beserta perangkat, BPD, dan tokoh Masyarakat Desa Sayutan.

Kepala Desa Sayutan Suyono mengatakan, hasil dari musyawarah tersebut, warga mengajukan permohonan untuk beberapa bidang, diantaranya adalah pembangunan fisik dan nonfisik. Jumat, (12/1/2024).

“Warga mengusulkan beberapa item, diantaranya seperti pembangunan Gedung Serba Guna, Rabat jalan desa, Talud jalan dan saluran, Pengembangan Desa Wisata, Pembangunan Gapura Batas Desa, Pembelian Peralatan Reog, Pengadaan Terop Desa, Pembangunan Pagar Pasar Desa dan Talud Pertanian Selungguh.” Ujarnya.

Usulan tersebut sudah dicatat sebagai Daftar Usulan Kegiatan Prioritas Tahun 2025 dalam Musrenbang Desa Sayutan Yang Didanai Melalui APBDes.

 

“ Untuk usulan Rehabilitasi Jembatan Perbatasan Wonogiri Jateng, Pengaspalan Hotmix Jalan Sepanjang Jalan PU, Pembinaan dan pendampingan desa wisata, Pembangunan jalan usaha tani, Pembangunan sumur air tanah dalam, Pembangunan Sarana dan prasarana Jalan Desa : Rabat Jalan Tembus Akses Pertanian Tenggar RT.03 s/d Ngrombo RT.01, Pembangunan Rabat Jalan Tembus Antar Desa Nanggungan RT.23 s/d Ngancar RT.24, Pembangunan Rabat Jalan Tembus Pertanian Dk. Dukuh RT.08 s/d Dk. Jeruk RT.06, Pembangunan Gapura Perbatasan dengan Pohijo-Ponorogo, Program Penyediaan dan Pengadaan Hewan Ternak Kambing & Sapi dan Bantuan Pengadaan Bibit Ikan dicatat sebagai Daftar Usulan Kegiatan Prioritas Tahun 2025 dalam Musrenbang Desa Sayutan Yang Didanai Melalui Apbd Kabupaten/ Provinsi/ Nasional.” Terang Suyono.

Ditempat yuang sama, Agung Ariwibowo selaku Sekretaris Desa Sayutan menjelaskan bahwa, jika usulan tersebut tidak dapat menggunakan anggaran dari Dana Desa (DD) atau lainnya, maka pihaknya akan melakukan pengajuan ke pemerintah kabupaten Magetan. Atau bisa juga dibiayai secara swadaya oleh Masyarakat.

“Usulan yang dicatat dalam Kegiatan Prioritas Tahun 2025 dalam Musrenbang Desa Sayutan Yang Didanai Swadaya oleh Masyarakat adalah Rabat & talud jalan lingkungan, Pengadaan bibit tanaman, Pemeliharaan jalan lingkungan dan Pembenahan Saluran irigasi.

Menurut Agung ada juga usulan yang belum disepakati dalam Musrenbang Desa Sayutan yaitu Peningkatan pengelolaan konservasi sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati karena Belum masuk dalam prioritas musrenbang tingkat kecamatan. (Har).

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak – Sumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *