Bidan Desa Kolaborasi Bersama SDM PKH, Percepatan Penanganan KLB Virus Polio

 

SeputarKita, Sampang – Sumber Daya Manusia Program Keluarga Harapan (SDM PKH) Kecamatan Sampang, mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang di gelar di Desa Gunung Maddah, kamis ( 18/1/23).

Bentuk dukungan SDM PKH yaitu terlibat dalam sosialisasi terkait dampak dan pencegahan terhadap polio ataupun Stunting, bahkan melakukan klaborasi bersama Bidan Desa (Nakes) yaitu dengan aktif menghadirkan KPM PKH untuk menghadiri Posyandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan pemberian imunisasi serta menyukseskan Sub PIN Polio.

Penegasan tersebut disampaikan oleh SDM PKH Kecamatan Sampang Aji Santoso selaku Pendamping PKH di Desa Tersebut.

 

Menurutnya keterlibatan SDM PKH, Pada kegiatan Sub PIN Polio Sesuai instruksi dari Kordinator Kabupaten yang menerima perintah dari Kementrian Sosial yang meminta salalu mamantau keadaan kesehatan KPM PKH untuk menjaga kesehatan kehamilan dan balitanya.

Kolaborasi ini merupakan bentuk nyata dukungan SDM PKH Sampang terhadap Pemerintah dalam mengatasi mulai mewabahnya Virus Polio di Kabupaten Sampang.

“Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Polio ini menjadi salah satu atensi instruksi Kemensos selain juga mengantisiapasi Meningkatan nya angka Stunting Nasional,” Ujarnya.

Dijelaskan, adapun bentuk dukungan SDM PKH yaitu melakukan sosialisasi terkait Dampak dan pencegahan penyebaran Virus Polio dan Stunting pada waktu Pertemuan Kelompok atau P2K2 yang rutin di gelar per Dua Minggu.

Dukungan pada waktu kegiatan posyandu untuk pemberian Tetes Polio, SDM PKH membantu mengatur Anak anak yang akan di Imunisasi dan memberi spirit maupun rasa aman Nyaman bagi Nakes saat menjalankan tugas pelayanan Imunisasi

Ia berharap keterlibatan SDM PKH untuk mensukseskan program penerintah berdampak positif Bagi KPM PKH dan Tenaga kerja Kesehatan di desa untuk mencegah penyebaran dan Percepatan Penanganan KLB Virus Polio cVDPV2 ataupun Stunting di Wilayah kerjanya. (Aj).

Check Also

Komunitas Bungkal Trail Club Wadah Pecinta Trabas Di Ponorogo

  SeputarKita, Ponorogo – Bungkal Trail Club atau BTC merupakan kelompok pecinta sepeda motor trail …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *