Pemerintah Desa Cangakan Pavingisasi Jalan Desa, Akses Jadi Semakin Terbuka

 

SeputarKita, Ngawi – Program Dana Desa yang dikelola oleh pemerintah saat ini telah memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat pedesaan. Salah satu pemanfaatan Dana Desa yang sangat penting adalah pengembangan infrastruktur jalan desa.

Pavingisasi jalan desa menggunakan Dana Desa menjadi opsi yang tepat karena dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, mempermudah transportasi dan memajukan ekonomi lokal.

Seperti yang diimplementasikan pemerintah desa Cangakan, kecamatan Kasreman, Ngawi, opsi pavingisasi menjadi skala prioritas. Sebab dengan demikian, akses perkembangan desa akan semakin terbuka.

Kepala desa Cangakan, Riyanto menyampaikan, pavingisasi jalan desa bukan hanya meningkatkan infrastruktur, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan. Mendasar skala prioritas tersebut, menurutnya, pedesaan selalu menjadi sumber daya utama bagi pemerintah, kenyataannya, pedesaan menyumbang lebih dari setengah total produksi pertanian dan banyaknya lapangan pekerjaan.

“Meningkatkan infrastruktur itu manfaatnya luar biasa, dari sisi mobilitas jelas meningkat, ekonomi, sosial serta dampak positif lainnya” terangnya, Selasa (19/12/23).

Pavingisasi, sambungnya, juga akan membantu menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam. Misalnya mencegah erosi dan penyusutan tanah serta kerusakan lingkungan lainnya.

Dianggarkan dari Dana Desa tahun 2023, proyek pavingisasi yang memiliki volume panjang 142 meter dengan lebar 4 meter, yang berlokasi di dusun Cangakan satu dan dua, RT 01 RW 02 hingga RW 03 ini tentunya akan membantu efisiensi transportasi serta keterhubungan antar daerah dan memperluas akses layanan publik.

Dengan demikian, katanya, pavingisasi jalan desa adalah komponen penting dari investasi pembangunan desa yang holistik dan berkelanjutan.

“Pavingisasi jalan desa adalah komponen penting, merupakan investasi jangka panjang yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat” pungkas Riyanto. (Gus)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *