Trail Jelajah Desa, Kenalkan Potensi Perekonomian Daerah Pedalaman Jombang

SeputarKita, Jombang – Sebanyak 50 pengendara atau rider motor trail komunitas jajaran management pabrik gula (PG) Cukir – Petani tebu mengikuti Trail Jelajah Ndeso, selain menjelajahi Desa pedalaman juga kenalkan potensi ekonomi daerah, dalam hal ini perkebunan tebu, sabtu (4/11/2023).

Kegiatan jelajah ini menjadi salah satu kegiatan jelajah alam pedesaan Wonosalam wilayah kerja PG Cukir yang sangat eksotis dan menjanjikan bagi sponsor serta pemerintah daerah dalam beberapa hal.

“Seperti promosi pariwisata, kelestarian alam membuka jalan-jalan pedalaman serta turut membantu men-suport perekonomian masyarakat di pelosok daerah,” terang Abdul Azis Purmali S.P. (General manager PG Cukir).

Menurut dia, kegiatan ini selain bertujuan memperkenalkan keindahan alam pada masyarakat pada umumnya dan pecinta trail khususnya, yakni ; tilik lahan tebu petani  yang tergabung dalam wilayah kerja PG Cukir.

“Tujuannya untuk menjalin silahturahmi dengan berbagai pihak, juga memberikan edukasi pada petani tebu agar sedianya kedepan bisa dicapai tebu yang bersih berkualitas sehingga taraf ekonomi yang lebih baik pun bisa tergapai, “ujar Purmali sapaan akrab General manager PG Cukir.


Sementara, Mbah Bekhan (53) peserta jelajah yang notabenya juga petani, menyambut baik acara yang sudah terselenggara.

“Manteb pokoke, nambahi semangat, iki petani rumongso kanugrahan iso ketemon langsung Pak GM, kelakarnya dengan bahasa jawa kental.

Adapun kegiatan trail ini menempuh jarak kurang lebih 40 kilometer dengan daerah yang dilintasi meliputi Desa Ngrimbi, Wonokerso, Panglungan,   Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.

Titik awal Pg Cukir Jombang dan finis bertempat di area wisata Gua Golo Golo Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang.(diks)

Check Also

Komunitas Bungkal Trail Club Wadah Pecinta Trabas Di Ponorogo

  SeputarKita, Ponorogo – Bungkal Trail Club atau BTC merupakan kelompok pecinta sepeda motor trail …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *