Pemdes Sayutan Gelar Musdes Pengesahan PABDes Tahun 2023

 

SeputarKita, Magetan – Pemerintah Desa Sayutan mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) terkait Pengesahan Perubahan APBDes Tahun Anggaran 2023. Kegiatan yang digelar di balai Desa Sayutan tersebut dihadiri Forkopimca Parang, Kepala Desa beserta perangkat, BPD, dan tokoh Masyarakat Desa Sayutan. Senin, (13/11/2023).

APBDes Tahun Anggaran 2023 disusun sesuai dengan prioritas kegiatan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Desa tentang RKPDesa Tahun 2023 serta berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Suyono, Kepala Desa sayutan mengatakan, APBDesa Perubahan Tahun Anggaran 2023 dibuat atau disusun oleh pemerintah desa karena terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan rencana anggaran yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun 2023.

 

Menurut Suyono, APBDes Tahun Anggaran 2023 disusun sesuai dengan prioritas kegiatan yang telah ditetapkan dalam Peraturan Desa tentang RKPDesa Tahun 2023 serta berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“ Apabila ada perubahan pendapatan, belanja dan pembiayaan, misalnya keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran antar jenis belanja, keadaan yang menyebabkan SilPA tahun sebelumnya harus digunakan, penambahan dan/atau pengurangan pendapatan desa pada tahun berjalan, maka perlu dilakukan perubahan terhadap APB Desa.” Terangnya.

Sementara itu Agung Ariwibowo, Sekretaris Desa Sayutan menjelaskan, ada penambahan pendapatan anggaran pada PABDes Tahun 2023 sekitar 129 Juta Rupiah.

“Selain itu, dapat bantuan BKKD di dua titik masing-masing 60 juta rupiah, untuk pembangunan rabat di RT 18 dan RT 19.” Jelasnya.

Setelah melalui serangkaian dari Pembahasan dalam acara Musyawarah Desa (Musdes) tersebut semua peserta Musdes menyepakati Pengesahan Perubahan APBDesa Sayutan Tahun Anggaran 2023. (Har)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *