Polres Bersama BNN Kabupaten Nganjuk Sosialisasikan Bahaya Narkoba untuk Balita, Ibu Hamil, dan Menyusui

 

SeputarKita Nganjuk – Polres Nganjuk bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nganjuk serta Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk menggelar acara sosialisasi mengenai Bahaya Narkoba, khususnya bagi balita, ibu hamil, dan ibu yang sedang menyusui, Jum’at, (8/9/2023).

Kegiatan sosialisasi ini adalah rangkaian dari program Kampung Bebas dari Narkoba, berlangsung di Taman Posyandu Gang Kalimantan, Kelurahan Payaman Nganjuk, bersamaan dengan acara SOTH ( Sekolah Orang Tua Hebat) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan dihadiri oleh lebih dari 30 ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui, serta sejumlah relawan anti narkoba.

Selain sosialisasi, kegiatan ini juga mencakup pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang diberikan oleh tim kesehatan dari Rumah Sakit Bhayangkara Nganjuk.

Dalam Penyampaiannya, Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kasat Resnarkoba IPTU Heru Prasetya Nugroho, S.H., M.H., menjelaskan bahwasanya narkoba merupakan zat-zat yang memiliki potensi mengganggu fungsi normal tubuh dan otak manusia.

“Balita yang terpapar narkoba cenderung mengalami dampak negatif pada perkembangan fisik dan mental mereka. Sementara ibu hamil yang menggunakan narkoba selama kehamilan dapat menghadapi dampak serius pada janin yang sedang berkembang. Pada ibu yang sedang menyusui, zat-zat berbahaya tersebut dapat ditransfer ke bayi melalui ASI,” ungkap IPTU Heru.

Lebih lanjut, IPTU Heru mengimbau kepada seluruh peserta sosialisasi untuk menjaga diri dan anak-anak mereka dari bahaya narkoba. Jika ada yang sedang mengalami masalah penyalahgunaan narkoba selama kehamilan atau masa menyusui, sangat penting untuk mencari bantuan medis segera dari profesional kesehatan.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Payaman, Moh Zaini, S.E., secara tegas menyatakan dukungannya terhadap upaya yang dilakukan oleh Polres Nganjuk dan BNN Kabupaten Nganjuk dalam menyebarkan informasi penting ini kepada masyarakat. Ia menegaskan komitmennya untuk mendukung upaya pemberantasan penyalahgunaan narkoba, terutama di wilayah Kelurahan Payaman.

“Kami akan memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kegiatan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, khususnya di Kelurahan Payaman. Kami sangat berharap agar generasi penerus kita tidak terpapar oleh zat-zat berbahaya ini yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup,” ujar Zaini.

Ia berharap semoga sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat akan bahaya narkoba dan mendorong mereka untuk menjauhkan diri dari penggunaan zat-zat berbahaya tersebut. (acha/rcs)

Check Also

Pupuk Jiwa Enterpreneur, SDN Pangongsean 1 Gelar Bazar Produk Makanan Khas Daerah 

  SeputarKita, Sampang – UPTD SDN Pengongsean 1, Kecamatan Torjun, Sampang mengadakan Bazar dan Gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *