Pak Yes Lantik Tujuh Kades PAW di Lamongan

 

SeputarKita, Lamongan – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, melantik 7 (Tujuh) kepala desa (Kades) terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW) yang dipilih melalui penyelenggaraan musyawarah desa oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa bersama tokoh masyarakat desa, di Pendopo Lokatantara Kabupaten Lamongan. Selasa (19/9/2023).

Bupati Yuhronur Efendi atau yang akrab disapa Pak Yes dihadapan ketujuh kades baru yang menggantikan kades lama yang telah purna dan meninggal, mengingatkan tiga tugas utama seorang pemimpin yakni Katalisator, Inovator, dan Harmonisasi bagi wilayah masing-masing. Menjadi katalisator artinya menjadi penyeimbang antara keinginan dan kebutuhan masyarakat dengan apa yang dimiliki oleh pemerintah.

“Kades sebagai seorang katalisator harus terus menyinkronkan berbagai program, berbagai kegiatan, dan kebutuhan masyarakat di desanya masing-masing, sekaligus terus menyesuaikan rencana pembangunan masyarakat desa atau RPJMDesnya untuk terus berkelanjutan sebagaimana yang telah direncanakan sebelumnya oleh Kepala Desa yang sebelumnya. Kepala desa juga harus terus berinovasi dan menjadi harmonisasi bagi masyarakatnya,” kata Pak Yes.

Tidak hanya itu, Pak Yes juga mengatakan bahwa terdapat berbagai tantangan yang menjadi fokus untuk dapat diselesaikan bersama. Tantangan-tantangan ini meliputi permasalahan kemiskinan, stunting, dan tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Lamongan.

“Pasti ada program yang menjadi tantangan kita bersama, yang pertama adalah kemiskinan, di Kabupaten Lamongan ini walaupun terjadi penurunan yang sangat signifikan dari tahun kemarin tapi kemiskinan kita masih 12 persen artinya kita masih 2 digit, target kita adalah bagaimana kita berusaha agar angka kemiskinan ini menjadi satu digit. Kemudian juga angka stunting di Kabupaten Lamongan ini yang masih tinggi, untuk itu terus lakukan berkoordinasi agar target penurunan 14 persen angka samping bisa kita capai. Berikutnya adalah tingkat pengangguran terbuka yang masih cukup tinggi, walaupun angka pertumbuhan ekonominya juga naik namun demikian tingkat pengangguran terbuka ini masih menjadi tantangan kita bersama, untuk itu Kades harus terus berinovasi agar tercipta lapangan kerja baru di desa,” imbuh Pak Yes.

Sebagai informasi, Tujuh Kades Pengganti Antar Waktu terpilih yakni Winarti Kades Karangwedoro, Kecamatan Turi; Moh. Naufal Al Bardany Kades Gedongboyountung, Kecamatan Turi; Abdul Wahid Kades Plosobuden, Kecamatan Deket; Bagus Dwi Saputra Kades Sidomulyo, Kecamatan Deket; Yuni Asaroh Kades Ardirejo, KecamatanSambeng; Suryadi Kades Mlati, Kecamatan Kedungpring dan Tri Agus Susanto Kades Slaharwotan, Kecamatan Ngimbang. (In)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *