Perankan Ratu Maduretno Beserta Prajuritnya, SMPN 1 Kawedanan Salah Satu Penampil Terbaik Pawai Budaya Bangga Magetan

 

SeputarKita, Magetan – Puncak Peringatan HUT Ke-78 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan menggelar karnaval dengan tajuk Pawai Budaya Bangga Magetan. Sebtu, (6/08/2023).

Animo masyarakat begitu besar, sepanjang jalan yang menjadi rute peserta pawai dipadati masyarakat. Mereka menikmati suguhan para peserta yang menampilkan kearifan lokal serta potensi budaya dari Magetan.

Bupati Magetan, Suprawoto pada kesempatan itu mengapresiasi para peserta yang tampil maksimal. Apresiasi juga kepada masyarakat yang sangat antusias menyaksikan pawai hingga acara dapat berlangsung semarak.

“Semoga niat baik kita melalui pawai budaya ini dimaknai bahwa bhineka tunggal ika, berbeda beda tapi tetap satu, kita bangga menjadi masyarakat Magetan dan bangsa Indonesia,” ajaknya.

 

Dari 57 sekolah tingkat SLTP, SLTA dan kategori umum yang mengikuti karnaval, salah satunya yaitu SMPN 1 Kawedanan yang menampilkan kisah Ratu Maduretno beserta prajuritnya.

Pemeran Ratu Maduretno, Anya Dewi Pramesthi, siswi Kelas 8A SMPN 1 Kawedanan mengaku sangat bangga dan terkesan turut memeriahkan kegiatan ini.

“Saya mewakili teman – teman yang ikut dalam pawai budaya bangga Magetan ini mengucapakan terima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah membimbing selama ini, juga pemerintah daerah yang menggelar kegiatan ini, ujar Anya.

“Menurut saya kegiatan seperti ini harus rutin diadakan, agar semangat cinta tanah air dan cinta budaya terus berkembang diantara para generasi penerus.” Lanjutnya.

 

Untuk diketahui, bahwa Ratu Madu Retno yang kini dimakamkan di gunung bancak merupakan putri dari Sultan Hamengku Buwono II, Raja dari Keraton Jogjakarta. Ratu Madu Retno bersuamikan Tumenggung Prawiro Dirjo III, yang terkenal sikapnya sebagai anti penjajah Belanda dan sangat disegani atas kecerdikan dan kesaktiannya.

Dari data yang diperoleh Redaksi, penampil terbaik Karnaval Budaya Kabupaten Magetan untuk :

Kategori SLTP/Sederajat :

1. SMP Negeri 1 Plaosan
2. SMP Negeri 1 Sukomoro
3. SMP Negeri 1 Magetan

Kategori SLTA/Sederajat :

  1.  SMK Yosonegoro
  2. SMAN 3 Magetan
  3. SMAN 1 Magetan

Kategori Umum :

  1. Universitas Sebelas Maret
  2. Bawaslu Magetan
  3. Harpi Melati DPC Magetan

(Red)

Check Also

Polres Ponorogo Berhasil Amankan Komplotan Curat

  SeputarKita, Ponorogo – Polres Ponorogo berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan yang melibatkan 8 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *