Merasa Tertipu Warga Menganti Segera Ambil Langkah Hukum

 

SeputarKita, Gresik – Sutirah warga Desa Menganti, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik melalui kuasanya, A dalam waktu dekat berencana melaporkan EDW warga Desa Glindah, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik.

Pada tanggal 06/06/2023 saudara A mengadukan kejadian penipun dan penggelapan yang dilakukan oleh saudari EDW kepada awak media dan menjelaskan konologi kejadian penipuan dan penggelapan aset yang terjadi sejak tahun 2021.

Asal mula kejadian saat EDW yang waktu itu sedang butuh uang dan meminjam sertifikat saudaranya untuk digadaikan ke Sutirah melakui perantara A. Setelah EDW diantar oleh A menemui Sutirah akad pun terjadi. Selang beberapa hari Sutirah (korban) meminjam uang dengan menganggunakan surat tanah atas nama pribadinya ke bank sejumlah 100 juta rupiah, lalu uang tersebut diserahkan ke EDW dengan perjanjian yang membayar angsuran bank nya adalah EDW.

Selang satu minggu saudari EDW menggunakan jurus halus dengan membujuk korban agar mau meminjamkan surat tanah yang di jaminkan kepada korban dengan janji satu minggu surat tanah tersebut akan dikembalikan dengan menaruh uang jaminan sebesar 8 juta rupiah.

Pada waktu menyerahkan surat tanah kepada EDW, Sutirah tidak merasa curiga sama sekali dengan bujuk halus EDW, karena korban orangnya mudah percaya pada orang yang baru dikenalnya.

Masih menurut pengakuan A yang ditunjuk Sutirah untuk mengurusi kasus ini juga merasa ditipu, baik oleh EDW atau Sutirah yang asalnya menjanjikan uang fee kepadanya yang saat itu sebagai mediator kalau sudah ada pencairan dari bank.

Tapi setelah transaksi antara Sutirah dan EDW, A bertanya kepada korban apakah sudah ada pencaian?. Lalu korban menjawab tidak ada pencairan dari bank dan EDW juga ditanya bagaimana proses gadai surat tanah kemarin, EDW dengan enteng menjawab kalau dirinya tidak jadi pinjam.

Setelah terbongkarnya kasus ini, karena Sutirah yang membayar terus setiap bulan di bank dan EDW tidak ada itikat baik untuk menyelesaikan hutangnya, maka Sutirah meminta tolong kepada A untuk membuat laporan polisi. Bersambung. (mz)

Check Also

Pupuk Jiwa Enterpreneur, SDN Pangongsean 1 Gelar Bazar Produk Makanan Khas Daerah 

  SeputarKita, Sampang – UPTD SDN Pengongsean 1, Kecamatan Torjun, Sampang mengadakan Bazar dan Gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *