Jawaban Bupati Nganjuk Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Nganjuk Terkait LKPJ TA. 2022

 

SeputarKita, Nganjuk – Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk, Jum’at (31/3/2023) dilaksanakan Rapat Paripurna Jawaban Bupati Nganjuk Terkait Pandangan Umum Fraksi – Fraksi DPRD Kabupaten Nganjuk Terhadap Penyampaian Bupati Nganjuk Tentang Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Nganjuk TA 2022. Serta Pengesahan dan Penetapan Rancangan Keputusan DPRD Kabupaten Nganjuk Terhadap Pembentukan Panitia Khusus Pembahas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati Nganjuk TA. 2022.

Hadir dalam acara tersebut, segenap unsur Pimpinan DPRD Nganjuk dan anggota DPRD. Forkopimkab, seluruh OPD dan segenap undangan lainnya.

Rapat Paripurna ini langsung dipimpin Wakil Ketua DPRD Jianto SH didampingi Ketua DPRD Tatit Heru Tjahjono S. Sos dan Wakil Ketua H. Ulum Basthomi S.Ag M.Si. Rapat Paripurna jawaban Bupati Nganjuk akhirnya bisa dituntaskan. Sebelum diketuk palu pengesahan rancangan penetapan keputusan DPRD Kabupaten Nganjuk menjadi ketetapan difinitif DPRD terkait LKPJ bupati Nganjuk tahun 2022.

Suprapto dari Partai Gerinda memberikan instrupsi, terkait dengan pandangan umum audit yang disampaikan Plt Bupati bukan dari Partai Golkar, namun dari Partai Gerindra. Tetkait di poin ke 6 (enan) dari pandangan Partainya yakni tindak lanjut LKPJ tahun sebelumnya yakni tahun 2021 sesuai pasal16 PP 38 Tahun 2019 evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Dan yang tetakhir terkait Pendapatan Asli Daerah (PAD), setelah perizinan satu pintu sangat diharapkan lebih mudah dan fleksibel dengan perizinan. ” Banyak informasi perizinan dengan melalui pintu PUPR terkait analisisnya IMB terlalu berbelit-belit. Jelas para investor nantinya masuk Nganjuk akan pikir-pikir. Jelas disini nantinya PAD semakin sulit tercapai targetnya, ” tutur Suprapto.

 

Selanjutnya, pembacaan susunan Panitia Khusus (Pansus) pembahas LKPJ bupati Nganjuk TA. tahun 2022 oleh kepala Bapeda Nganjuk, Fajar. Disampaikan bahwa masa tugas Pansus berakhir sampai 29 April 2023.

Kemudian pimpinan sidang Paripurna, Jianto. SH, meminta persetujuan para anggota DPRD terkait rancangan penetapan keputusan DPRD Kabupaten Nganjuk menjadi Keputusan difinitif DPRD terkait LKPJ Bupati Nganjuk TA. Tahun 2022. ” Seluruh anggota menyetujuinya, palu pimpinan sidang diketok dan Rapat Paripurna berakhir, “.

Setelah acara Paripurna berakhir, di depan ruang Paripurna, Plt. Bupati Nganjuk Dr. Marhaen Djumadi didampingi Sekda Nganjuk Nur Solekan, memberikan keterangan Pers kepada awak media mengatakan, terkait LKPJ tahun 2022 beberapa progres capaian-capaian Pemerintah Kabupaten Nganjuk Stunting tahun sebelumnya mencapai angka 25,3 prosen saat ini turun sebesar 20 prosen.
Indeks pembangunan manusia tahun 2021 sebesar 71,97 prosen, akhir tahun 2022 menjadi 72,93 prosen sedangkan yang direkomendasi WHO 72 prosen, jadi sudah melewatinya. 4 (empat) indikator semuanya sudah cukup baik. Pendapatan per kapita masyarakat Nganjuk sudah mencapai Rp. 28 Juta / tahun. Jadi pendapatan IQ Falen Rp. 2, 333 Juta/ bulan sudah melebihi UMR Nganjuk.

” Biarpun belum sejahtera kehidupan Masyatakat Nganjuk, namun hampir menuju sejahtera, ” ungkap Dr. Marhaen.
Djumadi.

Kemudian Produk Domestik Regional Bruto ( PDRB) uang yang beredar di Nganjuk perkiraan mencapai Rp.30 Triliun, dengan kondisi seperti ini jelas-jelas akan ditangkap pelaku-pelaku usaha diantaranya perbankan dan para investor dan lainnya.

Perkembangan ekonomi Nganjuk di tahun 2020 kondisinya minus 1,71 prosen, kita lakukan penggenjotan akhirnya pada tahun 2021 naik menjadi 3,61 prosen. Untuk tahun 2022 lalu naik 4,84 prosen.

Untuk infrastruktur di Kabupaten Nganjuk pembangunannya sudah mencapai 92/93 prosen. Jadi kekurangannya untuk jalan raya masih perlu perbaikan mencapai 7/8 prosen saja. ” Untuk tahun 2023 ini, akan kita tuntaskan dan diupayakan pembangunannya agar bisa mencapai 100 prosen dan biar klir, ” ungkapnya.

Untuk reformasi birokrasi sudah semakin baik kita kerjakan, tinggal sedikit untuk pembenahan agar semakin baik untuk memberikan pelayanan pada masyatakat.

” Harapannya, seluruh media yang ada di Nganjuk, akan kita ajak kerjasama terkait peran Pers untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan akan semua lini agar bisa menjadi lebih baik, ” pungkas Plt Bupati Nganjuk. (ris)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *