Gubernur Jatim Didampingi Bupati Ponorogo Ground Breaking Pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban di Sampung

 

SeputarKita, Ponorogo – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) didampingi Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko dan Wabup Bunda Lisdyarita pada pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban di kawasan Gunung Gamping Sampung, Sabtu (11/3/23).

Dengan dilakukan ground breaking tersebut sebagai tanda dimulainya pembangunan destinasi edukasi dan wisata Monumen Reog dan Museum Peradaban yang ditargetkan rampung pada 4 Desember 2024.

Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa pembangunan kawasan wisata Monumen Reog dan Museum Peradaban di Ponorogo tersebut memang memerlukan biaya yang besar untuk menyempurnakannya sesuai dengan master plan. Untuk itu, pihaknya akan menambahkan proyek tersebut ke dalam Perpres nomer 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Gerbang Kertasusila, BTS dan Lingkar Selatan.

“Pembangunan ini membutuhkan investasi yang cukup besar, kita akan menambahkan proyek ini ke dalam Perpres 80 tahun 2019. Perpresnya memang nomer 80 tahun 2019 tetapi kalau ada progres, usulan dan pengembangan di pembangunan se-Provinsi Jatim itu boleh dimasukkan ke dalam Perpres yang terus akan dilakukan perubahan. Nanti tentu Pak Bupati harus menyampaikan presentasi ke Bappenas dan Kemenko Perekonomian untuk di-insert ke dalam Perpres 80 tahun 2019, “kata Khofifah.

 

Khofifah menambahkan, selain memasukkan ke dalam Perpres 80/2019 dan memberi bantuan 30 miliar, Pemprov Jatim juga berupaya mencarikan investor untuk menanamkan modalnya di Ponorogo. Pihaknya pun meyakini, dengan tingkat investasi yang tinggi di Jawa Timur akan mampu menggaet investor untuk menyempurnakan kawasan wisata Monumen Reog dan Museum Peradaban sebagai ikon Ponorogo.

“Reog sudah melegenda, dan sudah terkenal di dunia. Penguatan dalam bentuk monument menjadi kekuatan baru bagi warga Ponorogo untuk lebih memajukan Reog Ponorogo. Dukungan sangat diperlukan untuk kelancaran pembangunan ini. Mohon doanya untuk kelancaran pembangunan museum dan monumen ini, bersama-sama akan kita mulai ground breaking monumen reog dan museum peradaban, mudah-mudahan lancar dan sukses serta bermanfaat, “imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Gubernur Jatim yang telah datang dalam rangka ground breaking Monumen Reog dan Museum Peradaban di Sampung.

“Monumen ini adalah mimpi kita bersama, secara pertanian sudah bisa mensejahterakan rakyat. Tuhan dan alam semesta mewariskan reog kepada kita masyarakat Ponorogo. Berharap agar monumen reog dan moseum peradaban ini bisa menjadi tontonan dan tuntunan untuk masa depan yang gemilang bagi masyarakat Ponorogo, “ujar Kang Sugiri.

Lebih lanjut Kang Sugiri menuturkan, pembangunan ini menghabiskan 75 milyar hanya untuk bangunan dasar. Dan yang paling banyak dari gubernur jawa timur Khofifah Indar parawansa. Museum peradaban masih banyak butuh investor untuk pembangunan fisiknya maka pihaknya hadirkan dari bank Himbara.

“Kita bangun museum reyog di kawasan Sampung tepat sekali bisa membobol wisata dari barat laut Ponorogo. Yang berbatasan dengan Kabupaten Magetan hanya 30 menit dari Sarangan. Saya yakin setelah diresmikan UMKM akan tumbuh di Ponorogo. Kebutuhan kami masih banyak karena pasti bisa kita tuntaskan bersama-sama, “pungkasnya.(hd)

Check Also

Relawan Projo dan Pasukan Gibran Tegaskan Dukungan Untuk Bunda Lisdyarita Pada Pilkada Ponorogo

  SeputarKita, Karanganyar – Geliat dukungan terhadap Bunda Lisdyarita untuk Pilkada Ponorogo 2024 kian menguat. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *