Tingkatkan Produktifitas Petani, Dinas PUPR Magetan Rehabilitasi Saluran Suplesi Ngurmo

 

SeputarKita, Magetan – Sebagai upaya untuk menambah ketersediaan air dan memaksimalkan pengairan di sektor pertanian. Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bidang Sumber Daya Air mengalokasikan dana sebesar Rp 180 Juta melalui APBD TA 2022 guna “Pembangunan Rehabilitasi Saluran Suplesi Ngurmo Jaringan irigasi Krowe” yang berada di lokasi Desa Lembeyan Wetan. Dengan pelaksana pengerjaan CV Graha Indo Sakti serta pengawas dari CV. Cakra Mandiri Persada.

Hal ini dijelaskan oleh Yuli K Iswahyudi, ST. MT, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Magetan melalui Sub Koordinator OP Sarpras SDA, Hendro Sasongko, ST. Jumat, (02/11/2022).

Dalam pelaksanaan pembangunan berupa rehab tembok penahan tanah dan pasangan saluran menggunakan beton cyclop supaya nantinya saluran dapat mengoptimalkan fungsi jaringan irigasi.

“Kondisi rusak berat dan banyak kebocoran air, sehingga dengan rehab berupa perbaikan talud saluran, cor lantai saluran dan perbaikan tembok pengaman. Kami melakukan Rehabilitasi dengan menggunakan beton cyclop agar lebih kuat dan tahan lama.” Papar Hendro.

 

“Volumenya, sebelah kiri panjang 150 meter, tinggi 1 meter, lebar atas 30 cm dan lebar bawah 40 cm, ini bertujuan untuk melindungi aset dari orang yang tidak bertanggung jawab. Dan untuk sebelah kanan kita menyesuiakan ketinggian persawahan yang rata-rata sekitar 70 cm.” Katanya.

“Saluran Suplesi Ngurmo ini menyuplai saluran Krowe, yang mengairi Desa Lembeyan Wetan, Desa Dukuh dan Desa Tunggur melalui mendeng kanan baku sawah 90 ha dan mendeng kiri baku sawah 148 ha jadi total 238 ha.” Lanjutnya.

Dengan dilakukan rehabilitasi Saluran Suplesi Ngurwo ini, Hendro berharap kebocoran yang selama ini menjadi keluhan petani bisa teratasi dan aliran air menjadi lancar kembali

“Semoga hasil pertanian warga desa yang dilalui aliran saluran Ngurmo bisa meningkat. Juga diharapkan ke depannya para pemanfaat dan warga sekitar juga mau turut andil dalam merawat apa yang telah di bangun pemerintah, dan semoga dalam pengerjaan pembangunan tersebut selesai sesuai rencana”. (Tris).

Check Also

Pupuk Jiwa Enterpreneur, SDN Pangongsean 1 Gelar Bazar Produk Makanan Khas Daerah 

  SeputarKita, Sampang – UPTD SDN Pengongsean 1, Kecamatan Torjun, Sampang mengadakan Bazar dan Gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *