Program Rehabilitasi Berkelanjutan, Embung Mojorejo Juga Diproyeksikan Sebagai Tempat Wisata

 

SeputarKita, Magetan – Pemerintah Kabupaten Magetan  melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Magetan merehabilitasi Embung Mojorejo secara berkelanjutan. Pekerjaan tersebut bertujuan mencukupi kebutuhan air untuk pengairan areal persawahan di wilayah Desa Mojorejo, Kecamatan Kawedanan, Selain itu, keberadaan Embung Mojorejo juga diproyeksikan sebagai tempat wisata di luar fungsi pengairan. Untuk menuju ekowisata ataupun eduwisata.

Kepala Dinas PUPR Magetan, Muhtar Wahid ST, MT, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Yuli K. Iswahyudi, ST, menyampaikan bahwa Rehabilitas embung merupakan program pemerintah magetan untuk mengatasi permasalahan pengairan dalam pertanian.Jumat, (16/12/2022).

 

“Pengerjaan Rehabilitasi dan Normalisasi embung di Mojorejo ini merupakan upaya pemerintah kabupaten magetan melalui dinas PUPR dalam membantu masalah yang dihadapai para petani saat musim kemarau, dan hal ini merupakan program pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat magetan di bidang pertanian.” ungkap Yuli.

“Tahun 2022 ini, Embung Mojorejo mendapat kucuran anggaran APBD Rp 196 juta. Untuk pengerjaan dilakukan oleh CV Tiga Enam Sembilan Magetan. Dan pada tahun 2023, APBD mengalokasikan sekitar Rp 500 juta. Ini yang dinamakan program rehabilitasi berkelanjutan,” kata Yuli K. Iswahyudi

Menurut Yuli, setidaknya dengan adanya pembangunan  embung Ini bisa memberikan kelancaran dalam pengairan sawah, Embung juga menjadi tempat penampung air hujan,dan sebagai peresapan air tanah.

“Saya berharap pada para warga masyarakat, untuk ikut serta menjaga ,merawat ,dan memanfaatkan fasilitas yang di berikan oleh pemerintah magetan untuk sebaik – baiknya.” Pungkasnya. (Tris/ADV)

Check Also

Evaluasi Gema Parut Oleh Pemda Ngawi di Desa Wonokerto

  SeputarKita, Ngawi – Gema Parut (Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan) yang digagas oleh Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *