Berjalan Alot, Musdes Usulan Pj. Kepala Desa Ngujung Akhirnya Ada Titik Temu

 

SeputarKita, Magetan – Musyawarah Desa (Musdes) terkait usulan Pejabat Sementara Kepala Desa Ngujung, Kecamatan Maospati terkesan alot dan berlarut-larut. Belum menemukan kata sepakat sampai menjelang akhir Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2023 yang harus ditetapkan hari ini. Sabtu, (31/12/22).

Dari 15 Desa yang ada diwilayah Kecamatan Maospati, hanya Desa Ngujung yang belum melakukan penetapan APBDes Tahun 2023. Hingga muncul desakan dari masyarakat untuk menentukan PJ. Kepala Desa Ngujung.

Setelah mendapat desakan dari masyarakat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ngujung pun menggelar Musyawarah Desa bertempat di Lumbung Desa Ngujung dengan mengudang 104 orang dari unsur Ketua Rukun Tetangga, Ketua Rukun Warga, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, dan tokoh masyarakat. Sabtu, (31/12/2022).

Musyawarah Desa dipimpin oleh Sekretaris BPD Ngujung, Anis Nur Isnafitri dan menghasilkan kesepakatan bersama yang mendasar dari saran dan usulan masyarakat untuk melaksanakan voting secara terbuka terhadap 2 (dua) orang calon PJ usulan, yaitu Imam Yudhianto dan Rubingati.

Diawal pelaksanaan Musdes berjalan alot, sesaat suasana sedikit memanas dan terjadi perang urat syaraf dalam mengam keputusan. Hingga akhirnya dilakukan voting secara terbuka.

Muryani S.Sos selaku Camat Maospati juga langsung turun tangan untuk menengahi permasalahan ini. Sebagai sosok seorang ibu, Camat akhirnya bisa meredam emosi peserta Musdes.

“Kedua calon PJ. Kepala Desa Ngujung ini adalah anak-anak saya, mereka menjadi staff di Kecamatan Maospati dan menjadi warga Desa Ngujung.” Ujarnya.

“Kami dituntut hari ini harus selesai, dan sudah ada keputusan. Kalau sampai ini tidak ada keputusan maka akan menghambat Penetapan APBDes Ngujung Tahun 2023 yang hari ini harus ditetapkan.” Terangnya.

“Siapapun yang jadi harus didukung dan dibantu, karena ini untuk kebersamaan serta kerukunan warga Desa Ngujung sendiri. Kita akan mengadakan evaluasi kinerja PJ. Kepala Desa ini setiap bulan, apabila kinerjanya tidak sesuai akan kita ganti.” Tegasnya.

Dari hasil voting terbuka dengan cara mengangkat tangan, mayoritas peserta Musdes setuju memilih Rubingati menjadi PJ. Kepala Desa Ngujung.

Sebagai informasi, setelah melaksanakan Musdes, Pj. Kepala Desa Ngujung hari itu juga mendapatkan SK dan langsung memimpim Musdes Penetapan ABPDes Ngujung Tahun 2023. (Tris)

Check Also

PJ Bupati OKU Lantik Ribuan Tenaga PPPK di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Baturaja

SeputarKita,OKU (Sumsel) – Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *