Ngaji Bareng Gus Muwafiq, Awali Rangkaian Haul Gubernur Soerjo 2022

SeputarKita, Magetan – Jumat malam, cuaca Magetan terbilang cukup redup dan terjadi gerimis. Namun, hal itu tak menjadikan niat para jamaah surut untuk menghadiri kajian yang dipimpin oleh salah satu ulama kenamaan Indonesia, K.H. Ahmad Muwafiq.

Merupakan salah satu rangkaian peringatan Haul Gubernur Soerjo 2022, haul ini adalah untuk yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua DPR Provinsi Jawa Timur Kusnadi, S.H., M.Hum., saat menyampaikan sambutan pada pengajian bareng Gus Muwafiq. Acara ini digelar di depan Makam Gubernur Soerja, tepatnya di sepanjang Jalan Salak Magetan pada Jumat malam (11/11/2022).

Lebih lanjut Kusnadi mengatakan bukan sekadar perayaan, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November 2022, acara ini diselenggarakan sebagai simbol penghormatan atas jasa Pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Kusnadi juga mengatakan, kali pertama diadakan pada tahun 2022, ke depannya haul ini akan dilaksanakan setiap tahun.

“Haul ini akan kami laksanakan setiap tahun. Ini baru pertama. Kami mohon pangestune (red: doa restu) agar kami bisa melakukan haul ini di setiap tahun, untuk menghormati jasa pahlawan kita,” terang Kusnadi di hadapan ratusan jamaah.

Semangat dan antusias ratusan jamaah tetap terpatri walau gerimis turun selama acara berlangsung. Rustafid (47) salah satu jamaah pengajian mengaku senang dapat kembali hadir menyaksikan Gus Muwafiq secara langsung. Perempuan paruh baya asal Kelurahan Sukowinangun ini juga mengatakan bahwa dirinya sangat antusias dengan kehadiran Kyai Muwafiq ke Magetan.

“Senang sekali, sangat antusia ya karena saya emang suka dengan Gus Muwafiq. Ini sudah kedua kalinya, kemarin pas di Plaosan saya juga hadir. Ya, senang ya bisa ikut kajiannya Gus Muwafiq secara langsung,” terangnya di sela-sela mendengarkan ceramah dari Gus Wafiq.

Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberlangsungan acara ini. Bupati juga berharap haul ini dapat terselenggara setiap tahun, sehingga dapat memberikan keberkahan untuk masyarakat Magetan.

“Semoga haul ini dapat terselenggara setiap tahun, sehingga dapat memberi keberkahan untuk mayarakat Magetan,” pungkasnya.

Sejalan dengan Bupati Magetan, datang mewakili Guberur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Sos, Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, B.Bus., M.Sc., menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas terselenggaranya Haul Gubernur Soerjo untuk yang pertama kalinya.

Sama halnya dengan Bupati Suprawoto, Wakil Gubernur Jatim Emil juga berharap agenda ini dapat menjadi agenda tahunan dan rutin diadakan pada tahun-tahun selanjutnya untuk menghormati jasa Gubernur Soerjo sebagai salah satu pahlawan bangsa.

“Alhamdulillah, semoga agenda ini menjadi agenda tahunan,” tuturnya.

Beberapa waktu sebelum pengajian akbar ini digelar, rangkaian acara Haul Gubernur Soerjo ini telah lebih dulu diawali dengan ziarah Makam Gubernur Soerjo bersama jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Timur dan Forkopimda Kabupaten Magetan.

Tak berhenti sampai di pengajian, rangkaian Haul Gubernur Soerjo 2022 ini akan berlangsung sampai dengan 19 November 2022 dan akan diwarnai dengan beragam acara serta perlombaan, serta bakal diakhiri dengan penampilan Farel Prayoga di GOR Ki Mageti, Kabupaten Magetan.

Diawali dengan santunan, tahlil bersama ketua MUI Magetan K.H. Ahmad Fatoni, dan penyerahan piagam apresiasi kepada keluarga Gubernur Soerjo oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pengajian baremg Gus Muwafiq ini turut dihadiri oleh Pimpinan DPRD Provinsi Jawa Timur dan Forkopimda Jawa Timur, Wakil Bupati Magetan, Pimpinan DPRD dan Anggota Forkopimda Kabupaten Magetan, Kepala OPD terkait, tokoh-tokoh agama di Kabupaten Magetan, beserta tamu undangan lainnya. (Kominfo/Red) 

Check Also

Kawal Rekom, Gus Mamak Dan H. AB Bersama Partai Pengusung Sambangi DPC Partai Demokrat & PKS

  SeputarKita, Sampang – Partai pengusung Paslon Cabub dan Cawabub Gus Mamak dan H Abdullah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *