Bangkit Lebih Cepat Melalui Ekonomi Kreatif, Dinas Kominfo Magetan Gelar Media Gathering

SeputarKita, Semarang – Upaya Pemerintah Kota Semarang dalam menjamin produk industri dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Semarang dilirik Pemkab Magetan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dengan menggelar Media Gathering di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Jumat, (18/11/2022).

Bertemakan “Bersama Pers, Bangkit Lebih Cepat Melalui Ekonomi Kreatif” Media Gathering diikuti sekitar 50 orang jurnalis yang bertugas di wilayah Magetan yang rencananya akan diselenggarakan selama 2 hari.

Sesampai di Creative Hub (Galery Industri) yang berlokasi di Kota Lama Semarang, rombongan media dari Magetan disambut langsung Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Perindustrian Kota Semarang.

“Selamat datang di Kota Semarang, dan selamat berkeliling di Kota Semarang,” ujar Tri Supriyanto,SH, MM, Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, selain berbagi ilmu dan menjelaskan sejarah tentang Dinas Perindustrian yang telah lepas dari Dinas Perdagangan, Tri Supriyanto juga mengharapkan semua rombongan Media Gathering dari Magetan bisa menikmati semua potensi yang ada di Kota Semarang.

“Untuk Dinas Perindustrian ini, sudah berdiri sendiri mulai 2018. Jadi kita bisa lebih fokus dalam mengelola anggaran dan pembinaan pada UMKM binaan kita. Dan syukur nanti para rombongan bisa berbelanja, sehingga bisa menjadi support bagi UMKM kita disini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan, Cahaya Wijaya menambahkan, bahwa kedatangan rombongan Kabupaten ke Semarang kali ini bertujuan dan mencari ilmu seputar perdagangan dan pariwisata, maupun potensi yang ada di Semarang yang mungkin belum ada di Kabupaten Magetan.

“Kota semarang ini merupakan kota utama seperti halnya kota besar. Dan terimakasih untuk Pemerintah Kota Semarang yang telah menerima rombongan kita di kota ini dan semoga kita bisa saling berbagi ilmu nantinya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Semarang mengedepankan konsep pembangunan yang mengarah pada terwujudnya Kota Industri. Sebagai upaya mewujudkan kemandirian dan daya saing daerah, sektor industri perlu ditingkatkan untuk mendukung misi Kota Semarang, yaitu memperkuat ekonomi kerakyatan berbasis keunggulan lokal dan membangun usaha yang kondusif.

Pengembangan produk- produk industri yang spesifik dan berdaya saing terus dilakukan, antara lainmeIalui pembinaan, peIatihan teknis pemasaran bagi industri kecil agar produk Kota Semarang mempunyai daya saing pasar regional, nasionaI, maupun internasional.

Dinas Perindustrian Kota Semarang berupaya meIakukan pengembangan produk kerajinan, desain barang seni kearah industri kreatif dan kerakyatan untuk menghasilkan produk yang mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif, serta melakukan berbagai upaya untuk membuka industri baru bagi Kota Semarang. (Red).

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak – Sumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *