Bantuan Keuangan Untuk Desa Talang Dimanfaatkan di Sarpras, Prioritaskan Kebutuhan Warga


SeputarKita, Ngawi – Melalui Bantuan Keuangan (BK) Tahun Anggaran 2022, Pemerintah Desa Talang, Kecamatan Jogorogo, Ngawi, realisasikan pavingisasi di dusun Kembang Sore. Secara esensial, BK merupakan dana bantuan langsung yang dialokasikan kepada pemerintah desa untuk meningkatkan sarana pelayanan masyarakat, kelembagaan dan sarana desa yang diperlukan serta diprioritaskan oleh masyarakat.

Kepala Desa Talang, Heru Agus Budianto mengatakan, Bantuan Keuangan yang diterima oleh Pemerintah Desanya, dianggarkan untuk infrastruktur. Menurutnya, pavingisasi tersebut memang sudah menjadi usulan warganya sejak lama.

Seperti yang diketahui, katanya, sebab selama dua tahun pandemi serta mendasar regulasi pemerintah pusat, anggaran untuk pekerjaan jenis proyek dari Dana Desa harus mengalami refocusing. Oleh karena itu, pihaknya memanfaatkan program Bantuan Keuangan ini untuk realisasikan usulan warga yang sebelumnya tertunda.

“Proyek ini memang sudah lama menjadi usulan warga, sebab adanya refocusing anggaran pada tahun kemarin proyek ini jadi agak telat. Maka dengan adanya Bantuan Keuangan ini kami manfaatkan untuk realisasikan pekerjaan ini” kata Heru, Sabtu (02/06/2022).

Heru mengutarakan, sebelumnya akses tersebut sudah ada pengerasan, namun karena wilayah desanya berada di daerah pegunungan dengan tingkat kelembapan yang cukup tinggi mengakibatkan jalan penghubung antar desa itu berlumut saat musim penghujan, sehingga licin.

Maka dari itu, warga sepakat untuk memasang paving di area tersebut guna mengurangi tingkat bahaya mobilitas warga yang disebabkan jalan licin. Sedangkan, proyek infrastruktur ini menggunakan dana BK sebesar 100 juta rupiah dan memiliki volume 3 x 165 meter.

“Dulunya ini jalannya licin saat musim hujan tiba, sehingga cukup membahayakan aktivitas warga, atas dasar itu proyek ini masuk dalam prioritas desa kami” pungkas Heru. (Pri/pathok).

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak – Sumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *