Keluhan Warga Atas Dampak Kontruksi Proyek IKM Slag Aluminium Di Desa Kendalsari


SeputarKita, Jombang – Warga Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang Keluhkan Dampak dari Pembangunan Sentra IKM (Industri Kecil dan Menengah) Slag Aluminium, Selasa (21/6/2022).

Pekerjaan kontruksi yang secara lelang dimenangkan oleh PT DWI MULYA JAYA asal Kota Mojokerto ini, pada praktek pelaksanaannya menimbulkan beberapa keresahan bagi warga sekitar.

“Jalanan yang dilewati kendaraan proyek rusak, berdebu bahkan beberapa saluran irigasi persawahan menjadi ciut dan macet,” kata seorang warga dilokasi kepada awak media.

Narasumber yang enggan disebut namanya ini mengaku, polusi udara yang dihasilkan akibat proyek ini begitu pekat, bahkan kendaraan yang berlalu lalang begitu berisik sehingga menganggu warga beristirahat.

“Pak Polo pernah berbagi amplop kepada warga, ada yang Rp150 ribu, ada yang Rp50 ribu ada yang dikasih Rp75 ribu, jadi nilai tiap warganya tidak sama, kata Pak Polo ini uang kompensasi jalan,” terangnya.

Didekat lokasi proyek, warga lain juga mengeluh dengan adanya pekerjaan yang dianggap kurang memperhatikan dampak lingkungan sekitar.

Namun, ia mengaku bingung akan mengadukan kemana keresahan yang seakan dilakukan pembiaran bahkan terkesan dibenarkan oleh oknum-oknum pemangku kepentingan.

“Saat mengadu ya kemana, katanya ke koperasi, katanya ke pemborongnya, mereka saling lempar,” keluh warga lain didekat lokasi proyek.

Namun, sangat disayangkan Kepala Desa Kendalsari saat dikonfirmasi masih belum bisa ditemui.

Secara terpisah, Camat Sumobito Mustaghfirin saat dikonfirmasi oleh awak media mengenai keluhan warga diwilayahnya menyebut, akan menyampaikan hal itu kepada dinas terkait, dengan dalih ia tak mempunyai kewenangan terhadap proyek yang ada diwilayahnya ini.

“Kecamatan hanya menyampaikan ke dinas terkait saja, Itu Dinas LH sama Disdagrin,” kata dia, Selasa (21/6/22).

Ia menyebut, bahwa persoalan dampak proyek IKM Slag terhadap warga sekitar di Desa Kendalsari, tidak pernah ada aduan dari Pemerintah Desa setempat. “Kalaupun ada, nanti kita laporkan Dinas agar segera ditindaklanjuti, karena kan kewenangannya dinas, kalau sekarang tidak ada aduan dari Desa,” singkatnya.

Untuk diketahui, kegiatan proyek dari Pemerintah Kabupaten Jombang yang direalisasikan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) berupa pembangunan sentra IKM Slag Aluminium di Desa Kendalsari, Kecamatan Sumobito ini, menelan anggaran sebesar Rp20.496.998.492,28,- yang bersumber dari APBD.

Waktu pelaksanaan proyek ini terhitung 210 hari kalender. Dimulai tanggal 10 Mei 2022 dan selesai pada tanggal 5 Desember 2022. Pelaksana kegiatan proyek tersebut adalah PT DWI MULYA JAYA sedangkan konsultan proyek dari PT CONCEPT DESIGN ARCHITECT.(gus)

Check Also

Pj.Bupati OKU Pimpin Apel Gabungan sekaligus Halal Bihalal Bersama ASN

  SeputarKita, OKU – Pemerintah Kabupaten OKU menggelar Apel Gabungan sekaligus Halal Bihalal dengan Aparatur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *