Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemdes Ngumpul Gelar Panen Raya Ikan Lele

Foto : Camat Balong Moh. Ismail, Kades Ngumpul Eko Budi Wiyono, anggota dewan dan warga saat panen raya ikan lele


SeputarKita, Ponorogo – Pemerintah Desa Ngumpul Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo melaunching panen raya budidaya ikan lele pada kolam terpal milik warga setempat, Jum’at (27/5).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung Camat Balong Moh. Ismail, anggota dewan dari PKS Suharlianto, Kades Ngumpul Eko Budi Wiyono, perangkat desa dan warga.

Kepala Desa Ngumpul Eko Budi Wiyono menyampaikan bahwa, launching panen raya budidaya ikan lele ini merupakan wujud pemberdayaan masyarakat dalam rangka penguatan ketahanan pangan dan peningkatan sumber daya manusia atau SDM bagi warga.

“Pemdes Ngumpul memberdayakan warga melalui ketahanan pangan dengan budidaya ikan lele, satu rumah 100 benih dengan total 870 rumah warga, sumber anggarannya dari dana desa. Alhamdulillah hari ini panen setelah tiga bulan di kolam terpal milik warga satu RT ini. Dan sebelumnya kita mengadakan sosialisasi terkait pelaksanaan ketahanan pangan kepada warga pada bulan Maret kemarin, “kata Eko Budi Wiyono.

Eko Budi Wiyono menambahkan, selain sebagai upaya menciptakan ketahanan pangan yang bertujuan untuk menjamin ketersediaan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dengan gizi seimbang.

“Kita juga berharap dengan keberhasilan panen raya ikan lele ini, menjadikan motivasi dan kemandirian guna meningkatkan kesejahteraan warga Desa Ngumpul, “imbuhnya.

Sementara itu, Camat Balong Moh. Ismail mengapresiasi atas keberhasilan dan kesuksesan budidaya ikan lele oleh Pemdes Ngumpul melalui pemberdayaan ketahanan pangan bagi warga desanya ini.

“Panen raya ikan lele ini bukti keberhasilan mewujudkan ketahanan pangan dalam memberdayakan warga. Harapannya adalah budidaya ini bisa lebih berkembang dan bisa memberikan keuntungan untuk warga serta bisa menjadi salah satu sumber ketahanan pangan keluarga di Desa Ngumpul ini, “pungkasnya.(sul)

Check Also

Kerjakan Lebih Cepat dari Rencana, Dinas PUPR Kabupaten Madiun Rekonstruksi Jalan Ruas Krapyak РSumbergandu 

  SeputarKita, Madiun – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Madiun melanjutkan upaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *