Desa Umbulrejo Salurkan BLT, Meringankan Beban Ekonomi 80 KPM


SeputarKita, Ngawi – Pemerintah Desa Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo, Ngawi salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT), bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2022 tahap pertama. Bantuan tersebut diterimakan kepada 80 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) desa Umbulrejo pada Rabu (20/04/2022).

Bertempat di kantor desa Umbulrejo, penyaluran BLT Dana Desa 2022 adalah salah satu program pemerintah yang dijalankan melalui Kementerian Desa PDTT. Diharapkan, program tersebut dijalankan untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem yang terjadi di tingkat desa.

Diatur dalam Peraturan Menteri Desa nomor 104 tahun 2021, disebutkan porsi penggunaan Dana Desa setidaknya 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai. Sedangkan nilainya, masing-masing KPM menerima 300 ribu rupiah pada setiap bulan selama 3 bulan, dimulai pada Januari tahun ini.

Dijelaskan Kepala Desa Umbulrejo, Suparin, di kantornya, sebagai ujung tombak penyelenggaran pemerintah, dirinya sebagai pemimpin desa harus mampu mengakomodir kepentingan masyarakat. Salah satunya penyaluran BLT ini, sebagai program pemerintah pusat untuk kesejahteraan masyarakat yang harus didahulukan dan tepat sasaran.

Suparin berharap, bantuan yang diterima KPM sedikit meringankan beban warga, mengingat belakangan ini barang kebutuhan pokok khususnya Sembako mengalami kenaikan harga.

“Pemdes kami selalu mendahulukan program pemerintah yang bersifat bantuan untuk masyarakat. Hal itu menjadi harapan bagi warga kami, selain meringankan, ada juga sebagian diperuntukkan untuk modal usaha kecil-kecilan” jelas Suparin, kepala Desa Umbulrejo. (PRI/pathok).

Check Also

Gagal Nikah, Pria di Ponorogo Nekat Tenggak Pestisida

  SeputarKita, Ponorogo – Seorang pria muda ditemukan tewas dengan posisi terlentang di jalan area …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *