Pelatihan Budidaya Ikan Laut Guna Kembangkan Perikanan Laut Efektif dan Efisien.


SeputarKita, Pemalang – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bersama Rukun Makmur Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, usai Musyawarah Antar Desa (MAD) (31/1/22) lalu, langsung aksi menjalankan program perikanan.

Dalam program perikanan, BUMDesma Rukun Makmur bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengadakan pelatihan budidaya ikan laut selama tiga hari mulai dari tanggal 2-4 Febuari 2022 di Rumah Produksi BUMDesma Rukun Makmur

Direktur BUMDesma Rukun Makmur Sardiyan menyampaikan, terkait dengan pelatihan manteri-manteri BRI se-Jawa Tengah, BUMDesma Rukun Makmur dipercaya untuk support dalam pelatihan budidaya ikan Bandeng.

“Alhamdulillah untuk kegiatan ini BUMDesma Rukun Makmur dipilih untuk memberikan satu edukasi dan satu penajaman materi terkait bagaimana skema bisnis usaha budidaya ikan bandeng di pelatihan mantri BRI se-Jawa tengah,” kata Sardiyan, Rabu (2/2/22).

Menurut Sardiyan, di hari pertama pelatihan, hadir dari pimpinan BRI pusat, dan pimpinan BRI Jawa Tengah. Dalam pelatihan budidaya ikan laut tersebut diikuti oleh manteri Bank BRI se-Jawa Tengah.

Dengan kolaborasi ini Sardiyan berharap nantinya kegiatan tersebut dapat memberikan nilai manfaat yang baik maupun eksistensi BUMDes Rukun Makmur semakin bisa dilihat.

Selain itu, Corporate Univercity BRI Jakarta Ibnu Hidayat mengatakan, dengan pendidikan dan Pelatihan ini mampu meningkatkan potensi dari para Mantri untuk mengetahui potensi bisnis lain yaitu proses  bisnis budidya  ikan Bandeng. Pelatihan ini salah satu untuk meningkatkan kompetensi dari pekerjanya dan kebetulan yang pendidikan para petugas kredit yang ada didefinitif.

“Kita disini belajar tentang budidaya ikan bandeng supaya mereka tahu tentang proses bisnis ikan bandeng sampai dengan pemasarannya,” tukasnya.

Ibnu berharap, setelah pendidikan selama tiga hari di sentra bandeng yang ada di Kabupaten Pemalang mereka para mantri bisa lebih menguasai profil bisnis dari ikan bandeng.

“Sehingga potensi ikan bandeng yang ada di ukernya (Unit Kerjanya-red) masing-masing akan terjaring dengan lebih baik. Artinya nanti berbentuk penyaluran kredit disektor perikanan bandeng ini akan menset di masing – masing uker yang mantrinya sudah belajar di BUMDes Rukun Makmur,” pungkasnya. (FahmiNur).

Check Also

Pembinaan Karakter dan Edukasi Anti-Bullying untuk Pelajar Digencarkan Polres Magetan

  SeputarKita, Magetan – Bullying atau perundungan bagian dari kenakalan remaja, masih menjadi isu yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *