Secara Bertahap, Sertifikat PTSL Untuk 800 Warga Desa Klegen Diserahkan

Penyerahan Sertifikat PTSL Desa Klegen


SeputarKita, Pemalang – Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan upaya pemerintah guna membantu masyarakat dalam memproses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak. 


Proses PTSL ini meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Melalui PTSL Tahun 2021 Kabupaten Pemalang pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Badan Pertanahan Nasional (Kantor Pertanahan Kabupaten Pemalang ) melaksanakan Penyerahan Sertifikat PTSL untuk Desa Klegen, Kecamatan Comal. Jumat, (26/11/2021). 


Pelaksanaan Penyerahan Sertifikat PTSL berada di Aula Kantor Desa Klegen, yang Sebelumnya Penyerahan Sertifikat PTSL ini telah melalui berbagai Tahap mulai dari Pengukuran secara serentak dalam Proses Pengukuran warga yang telah terdaftar. 

Mereka telah memberikan syarat administrasi dengan lengkap untuk proses tindak lanjut dalam pembuatan sertifikat. Untuk sementara pada hari ini telah tersampaikan sebagian sertifikat PTSL ke tangan para warga secara langsung,dengan total pengajuan 800 bidang tanah, dan akan di serahkan kepada warga secara bertahap. 

Indra, Sekretaris Desa Klegen saat ditemui saat penyerahan Sertifikat PTSL


Adapun pada tahap 1 sebanyak 100 sertifikat yang di serahkan pada 26 November 2021, tahap 2 pada tgl 1 Desember 2021 sebanyak 250 sertifikat dan telah diserahkan kepada warga secara langsung, selanjutnya akan di serahkan pada Minggu berikutnya. 

Salah satu penerima sertifikat PTSL merasa sangat bersyukur dengan program ini.


“Alhamdulillah, tanah saya yang awalnya tidak bersertifikat sekarang sudah punya legalitas dan sangat senang karena bayarnya juga murah, jika saya membuat sendiri secara mandiri mungkin saya tidak mampu.” Ujarnya. 

Sementara itu Kepala Desa Klegen, Gunawan melalui Sekretaris Desa Klegen, Indra berharap semoga dengan progam ini bisa membantu masyarakat dan bermanfaat bagi masyarakat di Desa Klegen. (FahmiNur).

Check Also

Evaluasi Gema Parut Oleh Pemda Ngawi di Desa Wonokerto

  SeputarKita, Ngawi – Gema Parut (Gerakan Menanam dengan Memanfaatkan Pekarangan) yang digagas oleh Bupati …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *