Panen Raya di Wisata Sejarah Sendang Kamal


SeputarKita, Magetan – Keberadaan Wisata sejarah Sendang Kamal menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar, dengan di bentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Sumber Sendang Kamal ” membuat warga semakin bergairah dalam Pemberdayaan tempat wisata sejarah yang ada di Dusun Sumber, Kelurahan Kraton, Kecamatan Maospati tersebut.

Revitalisasi Sendang Kamal selain melestarikan budaya lokal, juga untuk menggerakkan perekonomian masyarakat setempat. Sebanyak 4000 bibit nila yang disebar di Sendang Kamal sejak bulan Februari lalu saat ini bisa dipanen. Ikan ini merupakan daya tarik wisatawan Sendang Kamal.

Pokdarwis Sumber Sendang Kamal memutuskan untuk memanen ikan dan hasil panen dijual kepada masyarakat. Acara panen raya dihadiri oleh Bupati Magetan Suprawoto didampingi OPD terkait, Minggu, (03/10/2021).

Plt Lurah Kraton Ari Budi Astuti mengatakan, ikan hasil panen ini akan dijual kepada masyarakat sekitar dengan harga dibawah harga pasaran.

“Harga ikan nila warna merah di pasaran biasanya 18rb-20rb/kg, untuk kali ini dihargai 15rb/kg, tentunya dengan pembatasan pembelian 1kg/orang.”Ungkapnya.

“Setelah ikan dipanen, akan dilakukan penyemaian benih ikan nila kembali bekerja sama dengan Disnakan Magetan.” Lanjutnya.


Ari Budi menerangkan bahwa hasil panen raya nantinya akan digunakan untuk modal awal Pokdarwis membuat pasar tradisional seperti Sarlondho atau Pundensari.

Dalam sambutannya Bupati Suprawoto menyampaikan bahwa destinasi wisata kuncinya adalah kebersihan.

“Sesuatu yang sederhana jika dikelola dengan baik pasti akan menarik wisatawan. Disini dulu pernah ada kehidupan yang membanggakan” terang Suprawoto.

Bupati Suprawoto juga menyarankan untuk melakukan penanaman pohon dan memperbanyak sumur resapan di setiap sudut. Agar pada waktu hujan air akan tertampung, sehingga sumber air akan besar dan pada waktu musim kemarau jadi seimbang. (Gotris).

Check Also

5th Anniversary Mojosemi Forest Park, Terus Bawa Dampak Positif Untuk Masyarakat

Foto : Bupati Magetan Suprawoto saat menyerahkan potongan tumpeng kepada Direktur Utama Mojosemi Forest Park …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *