Desa Tegalarum Terima Hibah Sarana Prasarana Polindes Dari Pemerintah Jepang


SeputarKita, Magetan – Pemerintah Negara Jepang melalui Konsulat Jendral Jepang yang berada di Surabaya memberikan hibah berupa sarana prasarana Polindes dan alat kesehatan (Alkes) kepada pemerintah Kabupaten Magetan.

Hibah tersebut berada di Desa Tegalarum, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan, yaitu berupa bangunan Polindes, tempat tinggal Bidan Desa dan Alkes.

Peresmian dan sekaligus serah terima bantuan hibah tersebut dilaksanakan oleh Konsulat Jendral Jepang dengan Pemerintah Kabupaten Magetan secara Virtual, Rabu (20/1/2021) di Pendopo Surya Graha Magetan.

Adapun Alkes yang di serahkan adalah Pengukur Panjang Bayi (onemed plastik), Inkubator Digital (YP-100 GEA), Sterilisator (corona 2 pintu), Doppler (Bistos BT-250), Tensimeter (Classic III stethoscope & T. clock ABN), Ranjang Pasien (acare 2 engkol + matras).

Ranjang Periksa (stainless steel), Ranjang Ginekolog (stainless steel), Lampu Sorot (LED), Mini lemari pasien (plat besi), Lemari Obat (plat besi) 12 Meja resusitasi bayi (plat besi), Cart untuk peralatan operasi (stainless steel 3 rak), Partus set.

Selanjutnya, Timbangan bayi (GEA), 16 Timbangan Ibu Hamil (dengan tinggi badan),Tabung oksigen (m3 lengkap regulator GEA), Kursi roda (racing), Kursi ruang tunggu (4 tempat duduk), Kursi dan meja ruang periksa, 1 meja 2 biro dan 3 unit kursi susun.

Ketua Lembaga Jalin Nusa/Perwakilan dari Konsul Konsulat Jendral Jepang , Suut Bawasir mengatakan, acara penyerahan bantuan hibah dari konsultan Jepang ini rencana dilaksanakan pada bulan April Tahun 2020 namun karena pandemi Covid 19 baru kita laksanakan hari ini, sekaligus permohonan maaf dari Konsultan Jepang karena tidak bisa hadir.

Proses hibah berupa bangunan polindes butuh proses yang lama, jadi kami harus berkoordinasi dengan pemerintah terkait, semoga bantuan hibah tersebut dapat bermanfaat bagi kita bersama.

“Kepada bidan Desa Tegalarum Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan dengan adanya bangunan polindes baru dapat memberikan pelayanan yang baik kepada ibu dan anak di Desa Tegalarum,”jelasnya.

Jadikan bantuan hibah berupa bangunan polindes ini sebagai motifasi yang baik dalam melayani masyarakat.

“Semoga bangunan tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik tanpa memikirkan berbagai kekurangan fasilitas, dan semoga sarana dan prasarana tersebut dapat membantu penanganan dan pelayanan masyarakat sehingga visi dan misi pemerintah Kab. Magetan dapat terwujud,”ujarnya.

Ditempat yang sama Sukarno, Kepala Desa Tegalarum mengatakan, ucapan terima kasih kepada pemerintah Magetan dan Konsul Konsulat Jendral Jepang yang telah sudi memberikan hibah bangunan polindes.

“Semoga bangunan polindes berguna bagi masyarakat Desa Tegalarum dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat,”ucap Sukarno.

Sementara itu, Mister Masaki Tani, Konsul Konsulat Jendral Jepang di Surabaya secara Daring mengatakan, pembangunan polindes dari Konsul Konsulat Jendral Jepang untuk membantu pelayanan di Desa yang ada di wilayah Magetan agar masayarakat mendapatkan pelayanan yang baik.

“Semoga Bangunan Polindes tersebut dapat membangun kesejahteraan masyarakat Magetan dan dapat di terima dengan baik di masyarakat dan dirawat dengan baik sehingga dapat berfungsi dengan jangka yang panjang ,”terangnya.

Bupati Magetan Dr. Drs Suprawoto, SH. MSi mengatakan, ucapan Terima kasih kepada Konsul Konsulat Jendral Jepang yang ada di Surabaya karena telah membantu sarana prasarana Polindes Desa Tegalarum, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan.

Sarana dan prasarana ini dihibahkan karena adanya kebutuhan demi kesehatan ibu dan anak di Desa Tegalarum.

Pemerintah sangat mengapresiasi usaha Kades Tegalarum atas di bangunnya polindes hibah dari Konsulat Jendral Jepang yang ada di Surabaya dan mengingat dengan anggaran pembangunan pemerintah Kabupaten Magetan.

“Perlu diketahui dengan Polindes permasalahan – permasalahan kesehatan ibu dan anak di desa – desa dapat di layani dengan baik,”ujar Bupati Suprawoto.

“Terima kasih atas kepedulian Konsulat Jendral Jepang yang ada di Surabaya yang telah peduli akan keberadaan fasilitas fisik dalam menunjang kesehatan masyarakat Magetan.” Lanjut Bupati Magetan.

Manfaatkan dengan baik polindes tersebut semoga bangunan tersebut menjadi monumen hubungan baik antar 2 (dua) negara dan jadikan bantuan tersebut sebagai pintu masuk bagi bantuan lain yang akan datang ke Magetan.

“semoga program ini bisa berlanjut di daerah lainya di wilayah Kabupaten Magetan sehingga kesejahteraan masyarakat Magetan di bidang kesehatan dapat tercapai dengan baik,”pungkas Bupati Suprawoto. (Red)

Check Also

Polres Ngawi Amankan 3 Tersangka Sindikat Illegal Logging

  SeputarKita, Ngawi – Satreskrim Polres Ngawi Polda Jawa Timur bersama Perhutani berhasil mengungkap kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *