“Satu Pohon Sejuta Manfaat ” Tema HMPI Ke – 12 Tahun 2020 di Embung Baleasri


SeputarKita, Magetan – Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia, Karang taruna Baleasri Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan bekerjasama Pemerintah Desa Baleasri mengadakan tanam pohon bersama serta dukungan penuh dari Dinas lingkungan hidup Magetan. Sabtu (28/11/2020) 


Acara tanam pohon dipusatkan di embung Desa Baleasri, beberapa tamu undangan, forkompimca Kecamatan Ngariboyo, perwakilan Forkompimda kabupaten Magetan, Kodim O804/ Magetan, Polres Magetan serta komunitas pecinta lingkungan seperti WCDI , PWM, Bank sampah, Relawan Nusantara juga ikut hadir.

Letkol Inf Ismulyono Triwidodo, S.I.P. Komandan Kodim 0804/Magetan Mengatakan, kegiatan penanaman pohon di embung Baleasri dalam rangka ikut mensukseskan program nasional, juga dalam hari menanam pohon Indonesia.

“Karang taruna Baleasri punya inisiatif, gagasan untuk memajukan daerahnya terutama di Embung Baleasri sendiri, daerah Embung Baleasri ini rencananya mau dibangun wahana wisata dan satu manfaat dari menanam pohon ini adalah sesuai tema satu pohon Sejuta manfaat.” Ucap Dandim.

“Semoga yang kita laksanakan hari ini, bisa berjalan dengan baik dan akan kita nikmati manfaatnya kelak di kemudian hari, baik kita sendiri, maupun anak cucu kita, generasi kita.” Lanjutnya.

“Kodim 0804 / Magetan akan selalu ikut serta, mendukung dan mensupport, karena betul-betul manfaat dari kegiatan ini kita rasakan.” Tutup Dandim.


Sementara ketua karang taruna Baleasri sekaligus ketua Panitia Joko Siswanto menyampaikan bahwa kegiatan Hari ini merupakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ke -12 , tahun 2020, sebagaimana telah ditetapkannya peringatan HMPI dengan Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2008.

“Kami keluarga besar karang taruna Baleasri bersama Pemerintah Desa Baleasri mengelar acara Baleasri menanam dengan tema “Satu Pohon Sejuta Manfaat.”Ucapnya.

“Semoga apa yang kini laksanakan bersama seluruh elemen masyarakat ini memberikan manfaat bagi kita semua, khusunya di wilayah Desa Baleasri ini, Harus kita ingat bahwa pelestarian alam, pelestarian lingkungan bukanlah masalah kecil, karena menyangkut masa depan anak cucu kita.” Lanjut Joko.

“Sebuah ilustrasi yang sebenarnya menanam pohon itu kita ibarat menanam doa, menanam harapan, menanam kerja, menanam kebaikan untuk berkelanjutan hidup generasi yang akan datang. Dan kita semua sudah bisa melihat sendiri apa yang akan terjadi bila kita tidak merawat dan menjaga alam.” Tegasnya.

“Mari kita jaga alam ini, maka alam akan menjaga kita. Kami berpesan kepada seluruh peserta yang menanam hari ini, semua wajib mengunjungi Embung Baleasri ini di kemudian hari, lihatlah dan rawatlah pohon yang anda tanam supaya tumbuh besar dan membawa manfaat.” Ajak Joko

“Embung ini akan disiapkan menjadi taman wisata, Baleasri menuju desa wisata, kami karang taruna bersama Pemerintah Desa Baleasri akan bersinergi untuk membangun, memajukan Desa Baleasri dari sektor wisata,”ujarnya.

“Saya sangat berterima kasih pada karang taruna yang telah memprakarsai dan menjembatani dengan dinas Lingkungan hidup kabupaten Magetan,sehingga Lingkungan Hidup bisa membantu akomodasi maupun bibitnya.”Pungkas Joko

Ditempat yang sama, Juremi kepala desa Baleasri mengatakan, Pemerintah desa sudah menyiapkan lahan kas desa untuk dijadikan taman wisata Embung Baleasri, harapan kedepanya tempat ini bisa menjadi tempat wisata desa Baleasri.

“Kalau sudah jadi pengelolaan akan kita serahkan kepada karang taruna dan bisa meningkatkan Pendapatan asli Daerah”. Ucap Juremi.

Sementara Anton Suseno ketua WCDI Kabupaten Magetan, yang juga perwakilan Pencinta lingkungan mengatakan, pada Hari Menanam Pohon Indonesia ke 12 ini kami menginisiasi untuk kegiatan kegiatan pelestarian alam.

“Dan kebetulan dari pemerintah support memberikan beberapa ribu pohon di Baleasri, maka kita bersama kawan – kawan karang taruna yang ada di Baleasri melakukan kegiatan ini.” Ungkapnya.

“Menanam itu tidak hanya pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, namun kita menghimbau pada masyarakat dan generasi muda mari bersama sama kita budayaan untuk gemar menanam pohon.”Pungkasnya. (Tris/Nur).

Check Also

PJ Bupati OKU Lantik Ribuan Tenaga PPPK di Gedung Olah Raga (GOR) Kota Baturaja

SeputarKita,OKU (Sumsel) – Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah melantik dan mengambil sumpah jabatan sebanyak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *