Polres Ponorogo Amankan Sejumlah Pelaku Pembuat dan Penjual Bahan Mercon

Kapolres Ponorogo didampingi Kasat Rekrim AKP Hendi Septiadi menunjukkan barang bukti puluhan kilogram bahan mercon dari pelaku

Ponorogo, Seputarkita – Polres Ponorogo mengamankan sejumlah pelaku yang membuat, menyimpan dan menjual bahan serbuk petasan atau mercon, beserta barang bukti puluhan kilogram. Bahkan salah satu pelaku diantara masih berusia belasan tahun.

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, SIK, SH, MM menyampikan, petugas mengamankan sekitar 6 orang pelaku pembuat dan penjual bahan serbuk petasan atau mercon dengan barang bukti kurang lebih 30 kilogram dari sejumlah wilayah seperti di Kecamatan Kota, Sambit, Sampung dan Badegan.

“Untu serbuk bahan mercon ini didapatkan oleh pelaku dengan secara beragam, diantaranya pemesanan via on line, ada yang bertemu di stasiun Kediri. Serbuk bahan peledak itu dibuat mercon dengan beragam ukuran. Oleh para pelaku rencananya akan diperjualbelikan dan ada yang digunakan sendiri pada saat lebaran nanti. Ada yang dijual dalam bentuk serbuk bahan, dengan harga 200 ribu per kilogram, “kata Arief Fitrianto, saat press release, Senen (18/5).

AKBP Arief Fitrianto menambahkan, untuk itu, pihaknya akan terus gencar memberantasnya dengan lebih meningkatkan patroli dan menggelar razia mercon hingga balon udara. Apalagi telah terjadi korban jiwa akibat ledakan petasan atau mercon di wilayah Jambon kemarin.

“Balon udara ini sangat membahayakan lalu lintas penerbangan dan bisa menyebabkan kebakaran. Dan para pelaku dijerat dengan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman 20 tahun penjara, “pungkasnya.(sul)

Check Also

MPP Tambah Dua Layanan Baru dari Polres Magetan

  SeputarKita, Magetan – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Magetan kini semakin lengkap dengan hadirnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *